Agenda            Rabu, 29-Jun-2016

Pengumuman


masyfahani@gmail.com | 103.235.34.98 | 12-05-2016
afif hilmi :

Setelah melakukan proses daftar ulang untuk calon mahasiswa magister keperawatan gelombang 1 sudah selesai, mohon informasi untuk agenda selanjutnya? saya sudah cek di regmaba hanya menunggu hasil tes kesehatan dan elpt, sementara saya tidak mengikuti proses tersebut karena sudah melampirkan surat ket sehat dan sertifikat elpt sebelumnya. apakah hanya menunggu atau gimana? kemudian awal perkuliahan utk magister dimulai kapan..mohon informasi untuk kalender akademik. terima kasih...

Tofuri27@gmail.com | 120.164.44.55 | 04-05-2016
Tofuri :

Apakah bisa dari D3 keperawatan melanjutkan S1 keperawatan (S.kep) tanpa mengabil profesi (Ns)

ihsaniahana@gmail.com | 180.242.26.116 | 03-05-2016
hana iqomatul ihsaniah :

ass ww , saya lulusan d4 keperawatan politeknik kemenkes apakah bisa saya mendaftar s1 keperawatan unair lewat alih jenis, saya siap di downgreed ( disamakan dengan d3) mohon penjelasan terima kasih

Popular Post

Video Ners

Pengunjung = 619859
 
Fans Page FKp UA .|. Perpustakaan UA .|. Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru .|. Beasiswa UA .|.

Mahasiswa P3N Keperawatan Kesehatan Komunitas dan Keluarga .....

Posted 08-02-2012 by Humas Ners

loading...

Mahasiswa P3N Keperawatan Kesehatan Komunitas dan Keluarga Menjawab Tantangan Rencana Strategis Visi dan Misi Indonesia Sehat 2010-2014. Pemberdayaan masyarakat berbasis kesehatan dan peningkatan pelayanan kesehatan yang berfokus pada pelayanan promotif dan preventif menjadi hal penting dalam perwujudan rencana strategis visi dan misi Indonesia sehat 2010-2014. Sebagai salah satu profesional kesehatan, perawat (ners) tertantang untuk melaksanakan rencana strategis tersebut. Melalui implementasi tri darma perguruan tinggi Indonesia, Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (FKp UA), khususnya melalui tangan mahasiswa Program Pendidikan Profesi Ners  Keperawatan Kesehatan Komunitas dan Keluarga (P3NK4) berhasil menjawab tantangan tersebut.

Masyarakat wilayah perkotaan, sering diasumsikan dengan kehidupan yang sejahtera dan memiliki ketahanan dalam berbagai bidang. Namun fakta di lapangan, anggapan tersebut tidak selalu benar. Permasalahan sosial-kesehatan tidak jarang menjadi isu yang berulang kali diangkat dalam pembicaraan publik. Salah satu contoh di lapangan adalah masalah pembiayaan dan penjaminan kesehatan yang bagi kalangan marginal makin sulit untuk dijangkau.

Melihat fenomena tersebut, mahasiswa P3NK4 FKpUA berupaya menjembatani kesenjangan yang ada melalui upaya pembangunan kesehatan masyarakat dengan mengaplikasikan peran dan fungsi perawat komunitas. Melalui kerja sama dan koordinasi yang baik dengan Puskesmas dan Kecamatan Mulyorejo, instansi terkait  serta dosen pembimbing, mahasiswa berhasil menggandeng tiga RW (II, III, dan IV) di wilayah mulyorejo untuk bermitra membangun kesehatan secara swadaya.

Mahasiswa FKp UA yang diterjunkan dalam kegiatan P3NK4 menutupnya dengan mini lokakarya sebagai progress report yang dipertanggungjawabkan kepada FKp UA, Dinas Kesehatan Kota Surabaya, dan Masyarakat terkait pada khususnya. Dalam acara tersebut disampaikan capaian-capaian mahasiswa yang nantinya akan dilanjutkan oleh masyarakat RW II-IV Mulyorejo yang akan dimonitor langsung oleh Puskesmas Mulyorejo. Diantara hasil pembangunan kesehatan tersebut, saat ini warga RW II-IV Kelurahan Mulyorejo telah berhasil membentuk dan melaksanakan upaya pencegahan kasus DBD dengan dibentuknya kader Bumantik, Kader Posyandu Balita dan Lansia, Kader Senam Lansia, serta sinkronisasi lintas kader. Selain itu, mahasiswa juga bersama masyarakat telah melaksanakan upaya penanaman kesadaran kesehatan melalui pendidikan kesehatan bagi setiap komponen di masyarakat, diantaranya tentang kebersihan lingkungan dan personal hygiene, sosialisasi program pap smear, dan kesehatan reproduksi remaja.

Pdf     Print