Agenda            Jumat, 19-Jan-2018

Pengumuman


masyfahani@gmail.com | 103.235.34.98 | 12-05-2016
afif hilmi :

Setelah melakukan proses daftar ulang untuk calon mahasiswa magister keperawatan gelombang 1 sudah selesai, mohon informasi untuk agenda selanjutnya? saya sudah cek di regmaba hanya menunggu hasil tes kesehatan dan elpt, sementara saya tidak mengikuti proses tersebut karena sudah melampirkan surat ket sehat dan sertifikat elpt sebelumnya. apakah hanya menunggu atau gimana? kemudian awal perkuliahan utk magister dimulai kapan..mohon informasi untuk kalender akademik. terima kasih...

Tofuri27@gmail.com | 120.164.44.55 | 04-05-2016
Tofuri :

Apakah bisa dari D3 keperawatan melanjutkan S1 keperawatan (S.kep) tanpa mengabil profesi (Ns)

ihsaniahana@gmail.com | 180.242.26.116 | 03-05-2016
hana iqomatul ihsaniah :

ass ww , saya lulusan d4 keperawatan politeknik kemenkes apakah bisa saya mendaftar s1 keperawatan unair lewat alih jenis, saya siap di downgreed ( disamakan dengan d3) mohon penjelasan terima kasih

Popular Post

Video Ners

Pengunjung = 623506
 
Fans Page FKp UA .|. Perpustakaan UA .|. Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru .|. Beasiswa UA .|.

DEPARTEMEN

Loading ... Loading ... Loading ...

Keperawatan Maternitas dan Anak

27-10-2010

A. PROFIL DEPARTEMEN

Departemen Keperawatan anak dan Maternitas merupakan bagian dari disiplin Ilmu keperawatan yang terdiri atas dua bidang ilmu keperawatan yaitu keperawatan anak dan keperawatan maternitas. Ilmu keperawatan anak merupakan dasar dalam menghantarkan peserta didik agar mampu mamberikan asuhan keperawatan yang aman dan efektif bagi anak (infant, toddler, prasekolah, sekolah dan remaja) sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan, baik sehat maupun sakit, baik langsung maupun tidak langsung, baik di rumah, masyarakat dan rumah sakit dengan menerapkan berbagai teori, konsep dan prinsip perawatan anak. Sedangkan Ilmu keperawatan maternitas membahas tentang asuhan keperawatan pada wanita, bayi baru lahir, dan keluarga terkait dengan masalah kehamilan, persalinan, post partum dan pelayanan keluarga berencana secara holistik mencakup bio-psiko-sosio-spiritual.

Visi dan Misi departemen keperawatan anak dan maternitas sejalan dengan visi dan misi pendidikan Ners Fakultas keperawatan Unair, yaitu :

VISI :
Menjadi Program pendidikan Ners yang unggul di tingkat nasional dan ASEAN berorientasi pada kebutuhan masyarakat global dan perkembangan IPTEK berdasar pada ilmu, moral dan etik keperawatan.

MISI :

  • Menyelenggarakan pendidikan keperawatan profesional khususnya ilmu keperawatan anak dan maternitas berbasis metode pembelajaran modern berdasar moral dan etik.
  • Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan di bidang keperawatan khususnya keperawatan anak dan maternitas yang inovatif untuk menunjang pengembangan pendidikan yang unggul.
  • Menerapkan IPTEK Keperawatan Anak Dan Maternitas Melalui Pengabdian Pada Masyarakat



B. FASILITAS LABORATORIUM

Demi menunjang tercapainya tujuan pendidikan keperawatan anak dan maternitas, maka dilengkapi dengan adanya laboratorium sebagai media pembelajaran laboratoium (PBL). Laboratorium Keperawatan anak dan maternitas berada dalam satu ruangan dengan setting dua area, satu area untuk keperawatan anak dan satu area untuk keperawatan maternitas. Laboratorium keperawatan anak menggunakan model laboratorium yang disesuaikan dengan pertumbuhan dan perkembangan yaitu terdiri atas ruangan untuk screening pertumbuhan dan perkembangan (screening antropometri, DDST, Play ground, Alat permainan Edukatif), ruangan perawatan yang terdiri atas ruangan neonatus, ruang perawatan anak dan ruang kegawatdaruratan pada anak, kegiatan promosi kesehatan dengan program imunisasi pada anak.

Laboratorium keperawatan maternitas menggunakan konsep model perawatan pre natal, intra natal, dan post natal. Perawatan pre natal dilengkapi dengan perlengkapan manekin ibu hamil untuk pemeriksaan Leopold, pemeriksaan Hb sahli, glukometer, urin reduksi, pemeriksaan denyut jantung janin, dll. Perawatan intra natal dilengkapi dengan manekin persalinan, partus set, manekin bayi, video persalinan, meja ginekology, dll. Sedangkan perawatan post natal dilengkapi dengan alat pemeriksaan tanda-tanda vital, bed pasien, set vulva hygiene dan set kontrasepsi

PERSONALIA

1 Ni Ketut Alit Armini, S.Kp., M.Kes.
2 Dr. Esty Yunitasari, S.Kp., M.Kes
3 Mira Triharini, S.Kp, M.Kep
4 Nuzul Quraniati, S.Kep. Ns., M.Ng
5 Kristiawati, M.Kep., Ns.Sp.Kep.An.
6 Ilya Krisnana, S.Kep.Ns., M.Kep.
7 Retnayu Pradanie, S.Kep.Ns., M.Kep.
8 Tiyas Kusumaningrum, S.Kep.Ns., M.Kep.
9 Yuni Sufyanti Arief, S.Kp., M.Kes
10 Praba Diyan Rachmawati, S.Kep.Ns., M.Kep.
11 Aria Aulia Nastiti, S.Kep.Ns., M.Kep.
12 Iqlima Dwi Kurnia, S.Kep.Ns., M.Kep.