Agenda            Selasa, 20-Nov-2018

Pengumuman


masyfahani@gmail.com | 103.235.34.98 | 12-05-2016
afif hilmi :

Setelah melakukan proses daftar ulang untuk calon mahasiswa magister keperawatan gelombang 1 sudah selesai, mohon informasi untuk agenda selanjutnya? saya sudah cek di regmaba hanya menunggu hasil tes kesehatan dan elpt, sementara saya tidak mengikuti proses tersebut karena sudah melampirkan surat ket sehat dan sertifikat elpt sebelumnya. apakah hanya menunggu atau gimana? kemudian awal perkuliahan utk magister dimulai kapan..mohon informasi untuk kalender akademik. terima kasih...

Tofuri27@gmail.com | 120.164.44.55 | 04-05-2016
Tofuri :

Apakah bisa dari D3 keperawatan melanjutkan S1 keperawatan (S.kep) tanpa mengabil profesi (Ns)

ihsaniahana@gmail.com | 180.242.26.116 | 03-05-2016
hana iqomatul ihsaniah :

ass ww , saya lulusan d4 keperawatan politeknik kemenkes apakah bisa saya mendaftar s1 keperawatan unair lewat alih jenis, saya siap di downgreed ( disamakan dengan d3) mohon penjelasan terima kasih

Popular Post

Video Ners

Pengunjung = 627272
 
Fans Page FKp UA .|. Perpustakaan UA .|. Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru .|. Beasiswa UA .|.

Sistem Penjaminan Mutu

Posted 14-10-2010 by USI-SPM

Orientasi terhadap kualitas, membutuhkan sistem penjaminan mutu agar kualitas dapat berkelanjutan. Penjaminan mutu/ Quality Assurance (QA) dalam suatu institusi merupakan tuntutan eksternal dan internal. Universitas Airlangga pertama menerapkan sistem penjaminan mutu terbatas untuk program-program kompetitif yang dimulai pada tahun 2002.

Namun demikian sejalan dengan otonomi perguruan tinggi yang memerlukan akuntabilitas dan  sesuai dengan HELTS 2003-2010 yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing bangsa, maka penjaminan mutu merupakan salah satu jalan untuk membuat seimbang antara akuntabilitas institusi kepada masyarakat dan otonomi institusi.

Berdasarkan hal tersebut, pada tahun 2004 telah dibentuk tim penjaminan mutu di tingkat universitas yang bertugas untuk memastikan bahwa pelaksanaan tiap program sesuai dengan perencanaan dengan indikator kinerja yang terukur serta dapat memberikan saran dan masukan terhadap pelaksanaan program setiap unit kerja di lingkungan Universitas Airlangga.

Untuk menjamin mutu PBM secara internal, Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan telah melakukan beberapa aktivitas penjaminan mutu berupa evaluasi PBM oleh mahasiswa melalui kuisioner, mengevaluasi hasil PBM melalui evaluasi kinerja dosen perkuliahan, melakukan pengawasan pelaksanaan PBM dengan daftar hadir bagi mahasiswa dan dosen.

Untuk mendapat tenaga pengajar yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademik, Program Studi Ilmu Keperawatan FKp Unair mensyaratkan IPK >2.75 untuk rekuitmen staf dosen baru. Untuk terus meningkatkan kualitas dosen dalam bidang keahliannya, maka dosen dengan strata pendidikan S1 diprogram untuk mengambil S2, dan dosen dengan strata pendidikan S2 diprogram mengambil S3. Pada saat ini ada 14 dosen yang sedang menempuh pedidikan S2 baik di dalam dan di luar negeri, dan ada 4 orang dosen yang sedang menempuh pendidikan S3. Untuk meningkatkan kualitas lulusan keperawatan, PSIK FKp Unair menerapkan syarat kelulusan mahasiswa antara lain adalah telah mendapatkan nilai TOEFL minimal 425.

Sedang calon mahasiswa dapat diterima setelah mengikuti seleksi yang diadakan oleh universitas. Seleksi calon mahasiswa baru dilakukan baik melalui SNMPTN dan PMDK dari jalur umum atau prestasi dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh universitas. Dampak penjaminan mutu dapat dilihat antara lain dengan meningkatnya IPK lulusan dan memendeknya masa studi. 

Evaluasi internal yang berkelanjutan adalah evaluasi PBM setiap akhir semester, evaluasi pada tahun kedua dan keempat.  Setiap akhir semester atau awal semester juga dilakukan rapat evaluasi terhadap semester yang telah berlalu. Banyaknya beban kerja dosen dievaluasi dengan menggunakan EWMP setiap semester. Hasil evaluasi internal digunakan untuk memperbaiki kinerja dari masing-masing bagian dan PBM.

Penjaminan mutu akademik dilakukan melalui evaluasi akademik per semester oleh pimpinan program studi. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, pimpinan program studi merumuskan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kemajuan yang dicapai dan mengatasi kelemahan. Pada tahun 2008, Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan sedang mengembangkan sistem informasi yang selanjutnya dapat digunakan sebagai alat untuk evaluasi keberhasilan kinerja program studi di bidang akademik.