Tantangan Dalam Pembangunan Kesehatan Di Masyarakat

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 04 Juli 2017

NERS NEWS - Kemarin (3/7) 54 mahasiswa program profesi ners FKp Unair melaksanakan seremonial pembukaan dan pembekalan praktik profesi ners di stase Keperawatan Kesehatan Komunitas. Di pendopo Kantor Lurah Medokan Semampir, acara tersebut dihadiri langsung oleh Lurah, Supriono S.Sos., M.M dan beberapa staf dosen Fakultas Keperawatan Unair.

Dalam kesempatan tersebut, senior dosen Keperawatan Kesehatan Komunitas, Dr. Joni Haryanto, S.Kp., M.Si menyampaikan dalam sambutannya, bahwa mahasiswa akan dihadapkan pada masyarakat yang dalam kondisi tidak sakit untuk membangun perilaku dan upaya promotif kesehatan. Dr. Joni menambahkan bahwa mengajak masyarakat dalam keadaan bugar untuk meningkatkan derajat kesehatan merupakan tantangan besar. Dampaknya, performa mahasiswa yang akan selalu menjadi point of interest pandangan masyarakat terhadap profesi dan almamater yang disandangnya. Beliau berpesan, agar dalam stase ini mahasiswa dapat menjaga reputasi pribadi dan almamater dalam menjalankan tugasnya mendapatkan kompetensi dan berperan sebagai Agent of Change di masyarakat.

Lurah Supriono yang hadir, turut menyambut positif maksud dan tujuan penerjunan mahasiswa profesi kali ini. Beliau berharap mahasiswa dapat memberikan bantuan dan kontribusi positif terhadap kesehatan warga di lingkungan Medokan Semampir. Hal ini karena, kehadiran mahasiswa dirasa dapat memfasilitasi tujuan pemerintah kota Surabaya untuk meningkatkan cakupan pemanfaatan fasilitas kesehatan oleh masyarakat urban dan miskin di kota Pahlawan. Beliau menyadari bahwa masyarakat di Surabaya termasuk kelompok yang sulit untuk melakukan pencegahan dan upaya promotif kesehatan. Karenanya, Lurah Supriono mengakhiri sambutannya dengan menyampaikan harapan agar mahasiswa selalu berkoordinasi aktif dengan Kelurahan dan instansi terkait di bawahnya dalam menjalankan tugas dan studinya di lingkungan Medokan Semampir.

Penulis: Setho Hadisuyatmana, S.Kep.Ns., M.NS (CommHlth&PC)

Pin It
Hits 300

Terpopuler