Sinergi FKp, National Hospital dan La Trobe University’s School of Nursing & Midwivery Mempersiapkan Perawat Berdaya Saing Global

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 17 Juli 2017

NERS NEWS - Perhatian Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (FKp Unair) terhadap keperawatan sebagai keilmuan dan profesi tidak pernah surut. Upaya-upaya terobosan fakultas pencetak perawat profesi dan magister di Surabaya ini terus dilakukan dan dikembangkan secara berkelanjutan. Sampai dengan saat ini, upaya tersebut digalakkan melalui kerjasama mutual dengan setidaknya 14 institusi pendidikan dan lebih dari 9 fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia. Sejak tahun 2009, FKp Unair juga telah memulai mengembangkan kerjasama secara masif dengan universitas internasional dan banyak rumah sakit berskala internasional. TIdak lain, peningkatan dan pengembangan kerjasama yang dikembangkan berorientasi pada pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi di Indonesia, peningkatan kualitas SDM Keperawatan, dan pengembangan pendidikan berkelanjutan, serta peningkatan mutu pelayanan kesehatan secara umum dan mutu pelayanan keperawatan secara spesifik.

Pada tahun ini, FKp Unair merancangbangun sinergi tiga pilar baru bersama National Hospital Surabaya dan La Trobe University’s School of Nursing & Midwivery, Melbourne Victoria. Pemantapan kerjasama ini berlangsung 2 hari dalam rangkaian beberapa kunjungan yang bertempat di FKp Unair dan National Hospital Surabaya. Dalam kunjungannya ke FKp Unair, Prof. Lisa McKenna-Dekan La Trobe University’s School of Nursing & Midwivery menyampaikan apresiasi atas kerjasama FKp Unair dan National Hospital dalam perhatiannya terhadap keperawatan. Dalam kunjungan hari ke dua ke National Hospital (sekaligus menghadiri Seminar Leadership bagi Keperawatan), Ibu Jenny Firsariana, Direktur Keperawatan National Hospital menyambut inisisasi ini. Bersama Dekan Fakultas Keperawatan, Prof. Dr Nursalam, M.Nurs (Hons), tiga pihak yang turut hadir dalam pertemuan tersebut membahas dan bersepakat untuk mempercepat implementasi pengembangan kompetensi perawat berdaya saing global melalui pemantapan pendidikan berkelanjutan dan riset intensif di dalam seting klinik. Dr. Ah Yusuf, S.Kp., M.Kes, Wakil Dekan 3 FKp Unair yang turut hadir menambahkan, bahwa upaya ini menjadi pondasi inti dalam peningkatan kualitas dan kompetensi perawat di masa yang akan datang, khususnya untuk memenuhi ekspektasi pasar kesehatan global bagi Tenaga Kerja Kesehatan Indonesia.

Penulis: Setho Hadisuyatmana, S.Kep.Ns., M.NS (CommHlth&PC)

Pin It
Hits 92

Terpopuler