Jurnal Ners Kunjungi Jurnal Scopus di Filipina

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 21 Juli 2017

NERS NEWS - Jurnal Ners merupakan salah satu jurnal keperawatan di Indonesia yang telah terakreditasi secara nasional. Tidak berpuas diri hanya pada pencapaian tersebut, Jurnal Ners memiliki visi untuk menjadi jurnal internasional bereputasi dan terindeks Scopus. Untuk menunjang tujuan tersebut, pada tanggal 10-12 Juli 2017, Jurnal Ners melakukan studi banding ke Filipina untuk mengunjungi beberapa institusi keperawatan. Ada tiga institusi yang dikunjungi, yaitu Philippine Journal of Nursing (PJN) dari Philippine Nurses Association (PNA), Trinity University of Asia, dan University of the Philippines Manila College of Nursing. Dalam studi banding tersebut, Jurnal Ners mendelegasikan dua orang, yakni Ferry Efendi, S.Kep., Ns., M.Sc., Ph.D. sekaligus kepala unit publikasi, penelitian, dan pengabdian masyarakat FKp UNAIR, serta Gading Ekapuja Aurizki, S.Kep., Ns., selaku staf Jurnal Ners.

Pada hari pertama, delegasi mengunjungi PJN. PJN merupakan satu-satunya jurnal keperawatan di wilayah Asia Tenggara yang terindeks Scopus. Jurnal ini sudah berdiri sejak 86 tahun yang lalu sebagai media resmi dari PNA. Namun, saat itu artikelnya belum berisi jurnal ilmiah. PJN baru menerima kiriman artikel ilmiah secara reguler sejak beberapa tahun lalu. Dalam menyambut kedatangan delegasi, Ibu Erlinda Casto-Palaganas, PhD, editor-in-chief PJN, mengatakan, “Kantor kami sudah sering mendapatkan kunjungan untuk studi banding, tetapi baru kali ini kami mendapat permintaan secara spesifik untuk studi banding tentang jurnal.”
Hari kedua, delegasi berkunjung ke Trinity University of Asia. Pada kunjungan kali ini delegasi ditemui oleh kepala bidang penelitian, Dr. Maria Antonia C. Capili. Selama kurang lebih tiga jam, delegasi berdiskusi mengenai publikasi ilmiah dan strategi penelitian dari universitas tersebut. Sementara itu, pada hari terakhir, kunjungan dilakukan di University of the Philippines Manila, College of Nursing. Di UP Manila, delegasi berdiskusi dengan kepala bidang penelitian, Prof. Josefina Tuazon. Prof. Tuazon juga menyanggupi untuk menjadi penyunting di Jurnal Ners. “Sesama negara Asia Tenggara harus saling membantu,” kata Prof. Tuazon menanggapi permohonan kami.


Dalam setiap kunjungan, ketua delegasi, Ferry Efendi, mengucapkan terima kasih atas kesediaan setiap institusi untuk menerima kunjungan dari Jurnal Ners. Selain itu, ketua delegasi juga menyampaikan bahwa setelah kunjungan ini akan ada tindak lanjut kerja sama di masa mendatang. “Sekali lagi kami mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan institusi Anda untuk menerima kunjungan kami,” pungkas Ferry. [gea]

Penulis: Gading Ekapuja Aurizki, S.Kep., Ns.

Pin It
Hits 453

Terpopuler