Pemberdayaan Kaum Ibu Melalui Pengolahan Susu Kedelai Sebagai Upaya Peningkatan Gizi Keluarga

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 28 Agustus 2017

NERS NEWS - Dua orang dosen Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan melibatkan mahasiswa KKN BBM Tematik ke 56 Universitas Airlangga  di dua kelurahan di Surabaya. kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilakukan untuk mengatasi masalah masih kurangnya pemenuhan gizi di keluarga terutama pemenuhan sumber protein karena masih kurangnya pemahaman kaum ibu tentang pilihan sumber gizi. Selain itu para kaum ibu juga belum mengetahui tentang pengolahan susu kedelai yang bernilai gizi tinggi yang mudah dilakukan. Solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah memberdayakan kaum ibu melalui kegiatan pelatihan pengolahan susu kedelai. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini mendapatkan dukungan dari LP4M Universitas Airlangga karena dengan melibatkan mahasiswa dalam kegiatan dosen merupakan salah satu metode pembelajaran dalam KKN BBM Tematik UNAIR.
 
Kegiatan ini dilaksanakan di 2 kelurahan di Surabaya yaitu kelurahan Kutisari kecamatan Tenggilis Mejoyo oleh Elida Ulfiana, S.Kep.,Ns.,M.Kep bersama 10 mahasiswa KKN, dan  di kelurahan Bubutan kecamatan Bubutan oleh Eka Mishbahatul M Has, S.Kep.,Ns.,M.Kep bersama 10 mahasiswa KKN. Kegiatan dilaksanakan pada hari sabtu, tanggal 5 Agustus 2017 pukul 09.00 WIB secara bersamaan di dua lokasi tersebut. Peserta kegiatan adalah para ibu PKK berjumlah 50 orang. Rangkaian kegiatan diawali dengan pre test, dilanjutkan penyampaian materi tentang kedelai dan pengolahan susu kedelai, demonstrasi pembuatan susu kedelai, praktek membuat susu kedelai oleh peserta, minum susu kedelai bersama serta diakhiri dengan post test dan pembagian bahan kedelai untuk pembuatan susu kedelai secara mandiri di rumah.

Pembuatan susu kedelai relatif mudah sehingga semua lapisan masyarakat dapat membuatnya sendiri di rumah. Selain itu, bahan dasar kedelai sangat banyak tersedia di pasaran dengan harga terjangkau. Bahan pembuatan susu kedelai adalah biji kedelai, gula, garam secukupnya, dan daun pandan. Bila menginginkan susu kedelai dengan aneka rasa maka dapat ditambahkan dengan bahan perasa makanan ( vanila, cokelat, strawberi, dll). Peralatan yang dibutuhkan adalah panci, blander, saringan, kompor, dan pengaduk. Cara pembuatannya; kedelai di cuci dan rendam kurang lebih 8 jam, kemudian kedelai di haluskan menggunakan blender dengan menambahkan air dengan perbandingan 1:3, kemudian di saring dan direbus. Aduk perlahan susu kedelai selama di rebus sampai mendidih dengan menambahkan daun pandan, garam secukupnya serta gula. Susu kedelai dapat diminum saat hangat maupun dingin. 

Bentuk pemberdayaan ibu yang diterapkan pada kegiatan Pengabdian Masyarakat ini yaitu setiap kelompok PKK tingkat RW yang mengikuti pelatihan di kelurahan dihimbau untuk melaksanakan kegiatan pembuatan susu kedelai secara mandiri dengan mengajarkan kepada para ibu anggota PKK di wilayah RW nya. Kegiatan yang telah dilakukan adalah peserta mempraktekkan pembuatan susu kedelai ini saat pertemuan PKK di RW 2 Kutisari pada hari Minggu tgl 6 Agustus 2017 pukul 15.00 WIB dan RW 3  Kutisari pada hari Senin tanggal 7 Agustus 2017 pukul 16.00 WIB.
 
Pembuatan dan konsumsi susu kedelai perlu dikembangkan di masyarakat sebagai upaya meningkatkan gizi masyarakat. Peran penting ibu dalam keluarga adalah menyediakan makanan yang bernilai gizi serta mengajarkan perilaku hidup sehat di keluarga, sehingga dengan ibu menyediakan susu kedelai di keluarga akan menciptakan salah satu perilaku sehat di keluarga sehingga gizi keluarga terpenuhi dan keluarga akan menjadi sehat.

Penulis: Elida Ulfiana, S.Kep.Ns., M.Kep.

Pin It
Hits 293

Terpopuler