Bakti GENCORPS FKp Unair untuk Warga Pacitan

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 18 Desember 2017

NERS NEWS - Memiliki visi sebagai pengkaji lingkungan, kali ini GENCORPS mengadakan  kegiatan bakti sosial yang ditujukan kepada warga Pacitan yang baru saja mengalami bencana banjir dan tanah longsor. Kegiatan yang dilakukan tidak hanya membagikan hygiene kit tapi berfokus pada penyuluhan tentang PHBS (Pola Hidup Bersih Sehat). Sebagai mahasiswa yang menempuh jurusan di bidang kesehatan, GENCORPS memanfaatkan ilmu yang didapat untuk saling berbagi dengan warga Pacitan. Anggota GENCORPS yang terjun langsung membantu warga Pacitan berjumlah 10 orang. Berangkat dari Fakultas Keperawatan UNAIR pada hari Jumat (8/12) pukul 20.00 WIB, berbagai bantuan yang terkumpul siap untuk dibagikan kepada warga Pacitan. Inti dari kegiatan ini dilakukan pada hari Sabtu (9/12) dengan agenda penyuluhan PHBS (Pola Hidup Bersih Sehat), pembagian hygiene kit, dan mewawancarai beberapa warga untuk mengetahui bagaimana kronologi terjadinya banjir dan tanah longsor di Pacitan.

“Kegiatan bakti sosial yang dilakukan GENCORPS kali ini bekerjasama dengan seluruh ormawa yang ada di FKp. Kegiatan tersebut kita beri nama GPP atau Gerakan Peduli Pacitan, dimana dalam aksi ini seluruh ormawa saling membantu untuk menggalang dana bantuan yang nantinya akan diberikan langsung kepada warga Pacitan melalui GENCORPS.”, papar Ferly sebagai salah satu anggota GENCORPS.

Agenda pertama yaitu penyuluhan PHBS (Pola Hidup Bersih Sehat) yang ditujukan kepada warga sekitar Pacitan. Penyuluhan yang dilakukan tidak hanya pada satu tempat saja yang dirasa memiliki cukup tempat, tapi kegiatan door-to-door juga dilakukan anggota GENCORPS karena mereka ingin warga sekitar memiliki pengetahuan baru tentang pentingnya menjaga hidup sehat walaupun sudah terjadi bencana banjir dan tanah longsor.

“Kami memang sengaja melakukan penyuluhan lanjutan dengan mendatangi beberapa rumah warga secara langsung karena kami ingin kehadiran kami disini bisa membantu warga Pacitan. Tidak semua warga hadir di acara penyuluhan tadi pagi, maka dari itu penyuluhan door-to-door sebagai salah satu lagkah efektif dari kami agar warga juga bisa mendapatkan pengetahuan baru tentang pentingnya menjaga hidup bersih dan sehat, harapannya warga bisa menerapkannya meskipun kondisi banjir dan tanah longsor mulai membaik.”, papar Ferly.

Dia menambahkan, diakhir kegiatan penyuluhan tidak lupa untuk membagikan hygiene kit kepada warga. Total hygiene kit yang dibawa ada 610 bungkus dan masing-masing berisikan sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi, dan shampoo.

Penutup dari agenda GENCORPS pada hari Sabtu (9/12) yaitu dengan berkunjung ke salah satu rumah warga. Kunjungan yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana kronologi terjadinya banjir dan tanah longsor. Disamping itu mereka juga memberikan dukungan kepada warga untuk tetap semangat dan tidak lupa menerapkan pola hidup bersih dan sehat dari apa yang sudah disampaikan saat penyuluhan.

Penulis: Yenny Paramitha

Pin It
Hits 304

Terpopuler