GPP: Gerakan Peduli Pacitan, Aksi Perdana Mahasiswa FKp UNAIR Terjun Langsung Bantu Warga Pacitan

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 21 Desember 2017

NERS NEWS - Banjir dan tangah longsor di Pacitan mencuri perhatian masyarakat luas di seluruh Indonesia, termasuk mahasiswa yang disebut sebagai agen perubahan. Mahasiswa Fakultas Keperawatan UNAIR menunjukkan bentuk kepedulian mereka dengan melakukan aksi penggalangan dana berupa donasi uang, sembako, pakaian layak pakai, dan selimut. Aksi tersebut diberi nama GPP atau Gerakan Peduli Pacitan. Gerakan ini bekerjasama dengan seluruh organisasi mahasiswa yang ada di Fakultas Keperawatan UNAIR seperti BEM, BLM, GENCORPS, dan SKINERS.

Mahasiswa Fakultas Keperawatan UNAIR melakukan aksi GPP dengan mengajak seluruh civitas akademika FKp. Bentuk aksi GPP seperti penggalangan sukarela di masing-masing kelas dan menerima donasi terbuka, baik itu transfer uang ataupun sumbangan pakaian yang masih layak pakai, selimut, dan sembako. Penggalangan dana tersebut dilakukan sejak tanggal 30 November 2017 dan ditutup pada tanggal 6 Desember 2017. Bantuan yang terkumpul dari civitas akademika FKp disalurkan langsung kepada warga Pacitan melalui GENCORPS yang berangkat pada hari Jumat (8/12).  

Rasa kepedulian tinggi yang dimiliki mahasiswa FKp melalui aksi GPP berhasil mencuri perhatian dosen FKp, hingga dukungan terjun langsung ke lapangan untuk membantu warga Pacitan berhasil dikantongi GENCORPS. Tidak hanya itu, gagasan terbentuknya aksi GPP tersebut karena mahasiswa FKp ingin menunjukkan bentuk peduli dan kasih sayang mereka kepada warga Pacitan di civitas akademika UNAIR.

“Aksi GPP tercetus karena kami ingin menumbuhkan rasa kemanusiaan di lingkungan mahasiswa FKp. Harapannya dengan adanya aksi ini akan menjadi langkah awal untuk memberikan abdi kepada masyarakat Indonesia. Waktu bukan menjadi alasan untuk mengabdi, walaupun sekarang mahasiswa FKp sedang disibukkan oleh Ujian Akhir Semester (UAS) kami tetap ingin menunjukkan bentuk kepedulian seorang mahasiswa kepada masyarakat.”, papar Ferly sebagai salah satu mahasiswa FKp.

Ferly menjelaskan, bantuan yang terkumpul dibawa langsung ke Pacitan pada hari Jumat (8/12) pukul 20.00 WIB bersama dengan GENCORPS. Harapannya dengan aksi terjun langsung perdana yang dilakukan oleh mahasiswa FKp akan terus berjalan di kemudian hari, sehingga rasa peduli pada masyarakat akan mudah melekat di hati para mahasiswa. Karena mahasiswa sebagai pemuda yang memiliki semangat tinggi akan sia-sia jika tidak memiliki daya peka yang tinggi pula dengan lingkungan yang terjadi disekitarnya.

Penulis: Yenny Paramitha dan Teguh Dwi Saputro

Pin It
Hits 380

Terpopuler