Persiapan Visitasi AUN-QA FKp UNAIR

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 09 Februari 2018

NERS NEWS - Tahun 2016 merupakan momen dimana universitas airlangga memulai jejaknya menuju Universitas berkelas dunia. Saat ini, dari total 39 prodi S1 di UNAIR, 24 program studi terakreditasi A, 10 prodi terakreditasi B, dan lima lainnya adalah prodi baru yang belum wajib akreditasi, yaitu 4 prodi PDD Banyuwangi (Budidaya Perairan, Kedokteran Hewan, Akuntansi dan Kesehatan Masyarakat) dan prodi Teknologi Industri Hasil Perikanan. Salah satu dari 24 prodi berareditasi A adalah fakultas keperawatan (FKp) universitas airlangga. Fakultas yang berkedudukan di Kampus C Universitas Airlangga ini telah mencapai akreditasi A pada tahun 2015. Tepat beberapa bulan setelah Prof. Nursalam, M.Nurs. (Hons) menjabat sebagai dekan. Menurut wakil dekan 1 Dr. Kusnanto, S.Kp, M.Kes. yang merupakan seorang asesor dari LAM-PTKes, “Meningkatkan akreditasi program studi itu bukan hal yang sulit selama seluruh sivitas akademika mau bekerja sama dan memberikan kontribusi terbaiknya.” Sesuai target UNAIR langkah selanjutnya setelah mengantongi akreditasi A bagi FKp adalah mendaftarkan diri dalam Asean University Network – Quality Assessment (AUN-QA) oleh ASEAN University Network (AUN-QA).

ASEAN University Network (AUN) merupakan sebuah organisasi jaringan institusi Pendidikan tinggi yang ada di negara anggota ASEAN. Organisasi ini didirikan pada tahun 1995.  Tujuan pendirian organisasi ini adalah untuk menjalankan kerjasama antar universitas di ASEAN dengan standar yang sama sehingga dimungkinkan untuk melakukan pertukaran mahasiswa sesama universitas yang telah terstandar AUN. Harapan AUN adalah dengan standar universitas di ASEAN yang sama maka negara ASEAN semakin mampu bersaing di tingkat global. Persiapan dalam menyambut visitasi AUN-QA telah dimulai sejak tahun 2016 hingga tahun 2017. Di mulai dengan peninjauan kembali kurikulum, penyempurnaan metode pembelajaran, penyesuaian learning outcome Pendidikan, penambahan sarana dan prasarana, peningkatan jaringan riset dan pengabdian masyarakat, hingga mempertahankan dan menambah kerjasama fakultas dengan universitas luar negeri.

FKp unair mendapatkan giliran visitasi tanggal 13 dan 14 Februari 2018, bertempat di Gedung FKp dan beberapa lokasi instansi stakeholder yang menjadi sasaran lapangan pekerjaan lulusan FKp. Asesor yang hadir di FKp adalah 1. Asst. Prof. Dr. Warin Krityakiarana dan 2. Prof. Dr. Suzeini Binti Abd Halim. Asesor pertama merupakan seorang wakil dekan Bidang Pendidikan, Peningkatan Kualitas, dan Hubungan Internasional di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Mahidol, Thailand. Asesor kedua merupakan seorang professor dari Jurusan Matematika Fakultas Sains Universitas Malaya, Malaysia. Satu minggu menjelang pelaksanaan visitasi para pejabat dengan tim penjaminan mutu FKp melakukan final review terhadap seluruh berkas dan bukti fisik bahan visitasi. Selain melakukan penilain pada fisik dan proses di dalam fakultas AUN-QA juga akan melakukan Focus Group Discussion (FGD) terhadap alumni dan stake holder untuk mengetahui pencapaian FKp pada dunia pasca kampus. Oleh sebab itu FKp juga telah mengundang alumni dan stake holder pada tanggal 13 Februari untuk melaksanakan FGD bersama asesor AUN.

Dekan FKp Unair Prof. Dr. Nursalam, M.Nurs (Hons) menyampaikan “Meski usia FKp masih tergolong muda dari Fakultas lain di UNAIR tetapi dengan kerja keras dan kerja cerdas maka mimpi untuk menjadi World Class University akan menjadi kenyataan.”

Penulis: Hakim Zulkarnain, S.Kep.Ns. 

Pin It
Hits 500

Terpopuler






Berita Terbaru