INFORMASI TEST ELPT (CLICK HERE) BIMIKI X ILMIKI GELAR PELATIHAN PENULISAN LITERATURE, SYSTEMATIC REVIEW, & PUBLIKASI ILMIAH

BIMIKI X ILMIKI GELAR PELATIHAN PENULISAN LITERATURE, SYSTEMATIC REVIEW, & PUBLIKASI ILMIAH

  • By Risky Nur Marcelina
  • In Ners News
  • Posted 21 Agustus 2021

NERS NEWS – Berkala Ilmiah Mahasiswa Keperawatan Indonesia (BIMIKI), berkolaborasi dengan Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia (ILMIKI) menggelar pelatihan penulisan literature, systematic review, dan publikasi ilmiah pada Sabtu, (21/08/2021). BIMIKI adalah media untuk mewadahi insan keperawatan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dengan visi sebagai sarana pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang keperawatan berdasarkan bukti ilmiah.

Kegiatan ini merupakan pelatihan secara daring yang dikemas dalam bentuk webinar. Dalam pelaksanaannya dilakukan melalui platform Zoom dengan sasaran mahasiswa aktif kesehatan maupun umum. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 200 peserta yang berasal dari berbagai instansi di Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali pengetahuan bagi mahasiswa khususnya tentang penulisan literature, systematic review, dan publikasi ilmiah dan semoga kegiatani ini bermanfaat.

Acara diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PPNI serta ILMIKI, dan dilanjutkan dnegan sambutan-sambutan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membekali pengetahuan bagi mahasiswa khususnya tentang penulisan literature, systematic review, dan publikasi ilmiah dan semoga kegiatan ini bermanfaat”, ujar Indah Haryati Salamah selaku ketua pelaksana kegiatan (dalam sambutannya via zoom 21/08/2021).

“Melalui program kerja BIMIKI X ILMIKI ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan menstimulasi mahasiswa keperawatan khsusunya dari materi yang akan disampaikan oleh pemateri nantinya, untuk menuliskan karya literature review, dan kami BIMIKI juga memfasilitasi bagi teman-teman yang ingin mempublikasikan karya ilmiahnya”, ujar Achmad Ubaidillah Mughni S.Kep selaku Wakil Sekretaris Jendral ILMIKI (dalam sambutannya via zoom 21/08/2021).

Terdapat 2 topik dalam pelatihan kali ini. Pertama yaitu “Kupas Tuntas Literature & Systematic Review dan Publikasi Ilmiah” yang disampaikan oleh Ns. Ferry Efendi, S.Kep., M.Sc.,Ph.D selaku dosen FKp Unair dengan 100++ publikasi ilmiah. Penyampaian materi dilaksanakan selama 120 menit dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama 30 menit.

Dilanjutkan dengan topik kedua yaitu “Mahasiswa sudah banyak publikasi? Tentu Bisa!” yang disampaikan oleh Sidik Maulana S.Kep selaku mahasiswa Keperawatan UNPAD dengan 8++ pubikasi ilmiah dan 15++ prestasi Nasional maupun Internasional. .

Berjalannya sesi diskusi dan tanya jawab dipandu oleh moderator Riki Wartakusuma selaku kadiv PSDM BIMIKI. Antusiasme dari peserta sangat tinggi terbukti dari banyaknya pertanyaan yang masuk baik untuk pemateri satu ataupun 2. Acara diakhiri dengan penutup dan foto bersama.

Penulis : Miftakhul Qorni Isna (Airlangga Nursing Journalist)
Editor : Risky Nur Marcelina (Airlangga Nursing Journalist)

 

Pin It
Hits 323

Add comment


Security code
Refresh