Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya menyelenggarakan Pendampingan Kewirausahaan Jahe Jreng Hidayah

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 16 Agustus 2018

NERS NEWS - SMA Al-Hidayah adalah sekolah swasta yang berdiri dibawah Lembaga Pendidikan Islam Al-Hidayah Kecamatan Dlanggu sejak tahun 1984.  Pada awal pendirian, SMA Al-Hidayah mampu bersaing dengan berbagai sekolah nyang ada disekitarnya, namun sejak berdirinya SMA dan SMK Negeri disekitar wilayah Kecamatan Dlanggu, sekolah ini menjadi sangat berat persaingannya. Oleh karena itu Para Pimpinan Sekolah dan Yayasan berusaha meningkatkan kualitas lulusannya dengan menambahkan ciri khas ke-Islaman dalam kurikulum pembelajarannya, melatih dan membiasakan perilaku siswa dengan mengawali pembelaran dengan berdoa, sholat dhuha di masjid, dan mengembangkan berbagai kesenian dan keterampilan untuk pembekalan  siswa.

Keterampilan yang telah dikembangkan di sekolah salah satunya adalah Produksi minuman herbal dengan memanfaatkan sumber material yang ada misyarakat yaitu minimal jahe sehat. Selama uji coba produksi pada dua tahun terahir ini ditemukan beberapa kendala pada proses produksinya yaitu; saat menghaluskan jahe untuk dijadikan cairan inti sari jahe yang selnjutnya diproses menjadi ekstrak jahe. Kendala utama adalah adanya rasa panas pada tangan, proses memeras tidak sampai tuntas, ampas masih mengandung sari jahe. Dengan demikian proses produksi tidak dapat terjadi sesuai harapan. Hambatan lain yang dirasakan adalah kemasan yang masih kurang menarik dan kurang bisa tahan lama. Hasil pembinaan pada tahun 2017 yang lalu, sudah mulai ada penyempurnaan kemasan dan strategi pemasaran. Dampaknya, permintaan sangat banyak, tetapi supplay masih kurang karena keterbatasan proses produksi terutama saat pemerasan.

Berdasar permasalahan diatas, Tim Pengabdian Masyarakat FKp Unair melanjutkan Kegaitan Pendampingan dalam mengembangkan Kewirausahaan Jahe Hidayah ini. Kegiatan dipimpin oleh Dr. Ah. Yusuf, S.Kp., M.Kes, melibatkan perwakilan seluruh Departeman dan didukung oleh Mahasiswa Magister Keperawatan Jiwa M10, kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 11 Agustus 2018.

Penulis: Dr. Ah. Yusuf, S.Kp., M.Kes.

Pin It
Hits 12

Terpopuler






Berita Terbaru