Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) bagi Siswa Siswi MI Miftakhul Huda Dlanggu Mojokerto

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 16 Agustus 2018

NERS NEWS  - Mojokerto (11/08/2017), Menindaklanjuti Pengabdian Masyarakat mahasiswa Pendidikan Magister Peminatan Jiwa angkatan M10 Universitas Airlangga, hari ini Sabtu 11 Agustus 2018 didakan pengabdian mansyakat kedua dengan tema Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di MI Miftakhul Huda Dlanggu Mojokerto Jawa Timur. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa dan guru MI Miftakhul Huda bersama mahasiwa beserta dosen Departemen Keperawatan Jiwa, Komunitas, dan Maternitas Universitas Airlangga. Acara di buka dengan penampilan marching band siswa MI Miftakhul Huda, dilanjutkan dengan pembukaan kegiatan pengabdian masyarkat oleh kepala sekolah MI dan pihak Univeritas Airlangga dalam hal ini pimpin oleh Wakil Dekan III Dr. Ah. Yusuf, S.Kp., M.Kes. Kegiatan ini diikuti oleh 170 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok besar yaitu kelas 1,2,3 dan kelas 4,5,6. Kegiatan pengabdian masyarakat ini mendukung program Kementerian Kesehatan RI di tingkat UKS Sekolah.

Materi yang disampaikan terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas 1,2,3 dengan salah satu kegiatan Germas, yaitu mencegah dan memeriksa Kesehatan secara rutin. Pendidikan kesehatan yang dilakukan adalah mencuci tangan, mandi dan gosok gigi. Materi kedua yang disampaikan pada kelas 4,5,6 adalah mencegah dan memeriksa kesehatan secara rutin dan menjaga lingkungan. Pendidikan kesehatan yang dilakukan adalah jajanan sehat dan cara mengelola sampah. Kegiatan pengabdian masyarakat yang kedua adalah meningkatkan kesadaran siswa untuk selalu menerapkan hidup sehat sehari-hari. Harapannya siswa dapat menerapkannya secara mandiri baik di lingkungan sekolah, keluarga, maupun di masyarakat.

Tim yang hadir pada kegiatan ini adalah; Dr. Ah. Yusuf, Dr. Hanik Endang Nihayati, Dr. Esty Yunitasari, Dr. Rizki Fitryasari, Elida Ulfiana, M.Kep., Laily Hidayati, M.Kep., Ika Yuni W, M.Kep., Rista Fauziah, M.Kep. dan Tim Magister Keperawatan Jiwa M10 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga

Penulis: Ely Rahmatika Nugrahani, S.Kep dan Siti Kholifah, S.Kep

Pin It
Hits 545

Terpopuler






Berita Terbaru