INFORMASI TEST ELPT (CLICK HERE) Termotivasi Jadi Role Model Keluarga Hingga Raih Predikat Wisudawan Terbaik

Termotivasi Jadi Role Model Keluarga Hingga Raih Predikat Wisudawan Terbaik

  • By Adelya Putri
  • In Ners News
  • Posted 17 September 2021

Foto 1 Mb. Halfie

 

NERS NEWS - Penghargaan wisudawan terbaik program studi S1 Keperawatan Fakultas Keperawatan (FKp) Universitas Airlangga periode September 2021 jatuh kepada Halfie Zaqiyah Gusti Puspitasari, S.Kep. Ia berhasil lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) nyaris sempurna, yaitu 3,81.

Pencapaian membanggakan tersebut merupakan buah atas perjuangan hebat yang dilalui Halfie. Ia berasal dari keluarga sederhana yang memiliki mimpi untuk bisa berkuliah dan menjadi contoh yang baik untuk adik-adiknya. Semasa kuliah, ia tidak membawa kendaraan seperti halnya mahasiswa lain, namun hal itu membentuknya menjadi pribadi yang disiplin karena mengharuskan ia untuk bangun lebih awal dan berjalan kaki menuju kampus.

Mahasiswa yang juga sering menjuarai berbagai macam lomba itu mengaku mempunyai satu kesulitan selama menempuh studi yaitu menjaga dan menguatkan keyakinan, sebab ia berkuliah jauh dari keluarga sehingga harus senantiasa menjaga kepercayaan yang telah diberikan olehnya. Selain itu, ia juga berusaha untuk menjaga ego karena banyak hal yang menjadi prioritas namun harus mengerti apa yang sebenarnya ia prioritaskan.

“Tujuan utama saya berkuliah adalah mendapatkan ilmu, jadi prioritas saya adalah memanfaatkan segala kesempatan yang ada dengan baik tanpa merugikan diri saya maupun orang lain,” ungkapnya.

Halfie mengaku bahwa ia adalah tipe orang yang tidak bisa belajar dengan lama, sehingga ia menyiasatinya dengan tidur lebih awal kemudian dilanjut dengan belajar atau menyelesaikan tugas-tugasnya setelah sholat tahajud hingga adzan shubuh.

“Saya tidur setelah sholat isya dan bangun pukul 22.00 untuk sekedar membaca novel atau komik, lalu tidur kembali. Saya baru mulai menyelesaikan tugas-tugas setelah sholat tahajud hingga adzan shubuh,” tuturnya.

Mahasiswa yang juga pernah mengikuti program student exchange itu memiliki cara yang baik dalam membagi waktu antara kegiatan akademik maupun non akademik, ia selalu menulis kegiatan yang akan dilakukannya esok hari pada notes, sehingga ia akan mengetahui waktu luang yang ia miliki.

“Setelah semua aktivitas selesai ya istirahat, karena capek itu hal yang wajar. Fisik dan jiwa juga perlu mendapatkan porsinya,” tuturnya yang juga sebagai penerima beasiswa Karya Salemba Empat itu.

Halfie berpesan bahwa kendali utama adalah pada diri sendiri, jika merasa jatuh dan tidak berarti maka lihat kembali apa yang sudah dilalui dan didapatkan. Tak hanya itu, ia juga berpesan untuk dapat mengenali lingkungan dan menciptakan support system bagi diri sendiri.

“Hidup Anda adalah tanggung jawab Anda, tidak ada yang bisa melakukan itu kecuali diri Anda sendiri,” pungkasnya.

 

Penulis: Adelya Salsabila Putri

 

Pin It
Hits 169

Add comment


Security code
Refresh