Mahasiswa Fkp Universitas Airlangga Sabet Gold Medal Dengan Inovasi Teh Diabetes Dalam World Invention & Innovation Forum 2018

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 26 September 2018

NERS NEWS - Empat mahasiswa Fakultas Keperawatansabet gold medal dan special Award Negara Thailand  di ajang 10th Internasional Exhibition of Inventions and the 3rd World Invention and Innovation Forum (IEI & WIIF 2018) di Foshan China (15/09/2018). Novia Tri Handika, Indriani Dwi Wulandari,Nurul Hidayati dan Neisya Pratiwindya Sudarsiwi mengangkat ide pemanfaatan kulit ari buah semangka, dan sari melati sebagai teh terapeutik sebagai alternatif solusi untuk meningkatkan kualitas hidup penderita Diabetes Mellitus Tipe 2. Albedo Romin Tea,  sebagaimana nama yang di-idekan, memanfaatkan kandungan utama albedo atau biasa kulit ari semangka: citruline, senyama kimia yang membantu proses produksi insulin pada hati yang membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Penambahan kelopak bunga rosella yang memiliki kandungan flavonoid mampu bekerja sebagai anti radikal bebas, membantu memperbaiki kinerja sel beta pankreas sebagai produsen insulin tubuh.

Innovasi ini rencananya akan kemudian dilakukan pengkajian pra-klinis melalui hewan coba mencit. Keempat mahasiswa tersebut berharap pembuktian tersebut mampu meloloskan produknya untuk dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes dan dipatenkan.

Penulis: Nesya & Setho Hadisuyatmana, S.Kep.Ns., M.NS (CommHlth&PC)

Pin It
Hits 119

Terpopuler