Pengabdian Masyarakat: Pengembangan Discharge Planning untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Keperawatan di RSUD Dr. Saiful Anwar Malang

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 11 Oktober 2018

NERS NEWS - Pelayanan keperawatan merupakan pelayanan utama dari pelayanan rumah sakit. Hal ini terjadi karena pelayanan keperawatan diberikan selama 24 jam kepada pasien yang membutuhkannya, berbeda dengan pelayanan medis dan pelayanan kesehatan lainnya yang hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada kliennya. Dengan demikian pelayanan keperawatan perlu ditingkatkan kualitasnya secara terus-menerus dan berkesinambungan sehingga pelayanan rumah sakit akan meningkat juga seiring dengan peningkatan kualitas pelayanan keperawatan. Salah satu komponen yang mendukung peningkatan kualitas pelayanan keperawatan adalah Discharge Planning.

Pada pelayanan keperawatan di Rumah Sakit telah merancang berbagai bentuk format Discharge Planning, namun kebanyakan hanya digunakan sebatas pendokumentasian saat pasien pulang. Discharge Planning yang belum dilakukan secara optimal akan mengakibatkan kegagalan dalam program perencanaan perawatan pasien di rumah yang akan berpengaruh terhadap tingkat ketergantungan pasien, dan tingkat keparahan pasien saat di rumah.

Berdasarkan hal tersebut maka mahasiswa megister keperawatan peminatan manajemen keperawatan angkatan 11 mengadakan pengabdian masyarakat di RSUD Dr. Saiful Anwar Malang dengan tema pengembangan discharge planning untuk meningkatkan mutu pelayanan keperawatan . Kegiatan tersebut dilakukan pada tanggal 25 September 2018 di ruang perkuliahan FK Universitas Brawijaya yang ada di RSUD Saiful Anwar. Sebanyak 50 peserta yang terdiri dari katim atau karu dari perwakilan seluruh ruangan yang ada di RSUD Saiful Anwar. Kegiatan ini disambut baik oleh peserta dan bagian diklat RSUD Saiful Anwar ibu Sri Endah Noviani, SH, MSc. “saya ucapkan terimakasih kepada mahasiswa yang mau mengembangkan ilmunya disini dan saya harap kegiatan ini tidak berhenti disini”.

Pin It
Hits 83

Terpopuler