ABG Jaman Now Anti Galau bersama Magister Keperawatan Unair

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 19 Oktober 2018

NERS NEWS - Begitulah yel yel semangat ceria para remaja yang tergabung dalam Poskesrem (Pos Kesehatan Remaja) Wilayah PKM Pacarkeling yang dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 13 Oktober 2018. Pagi itu bersama kakak kakak dari Magister Keperawatan Universitas Airlangga peminatan Jiwa melaksanakan acara Pengabdian kepada Masyarakat. Pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa Magister Keperawatawan minat jiwa ini mahsiswa diharapkan dapat mengembangkan rasa kecendekiawanan dan mampu mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat langsung kepada khalayak masyarakat begitu disampaikan ibu Dr. Hanik Endang Nihayati, S.Kep.,Ns, M.Kep selaku penanggung jawab Magister peminatan jiwa.

Dalam kesempatan pengabdian masyarakat ini mahasiswa bekerjasama dengan Puskesmas Pacarkeling lewat kegiatan Posrem yang berada dibawah tanggung jawab dokter Vica. Dalam kesempatan ini pelaksanaannya sengaja dilakukan di Taman Mundu Kota Surbaya agar supaya para peserta pengmas sebagai khalayak sasaran dapat lebih menikmati acara ini tidak hanya melulu pada penyuluhan namun media untuk rekreasi. Remaja jaman now sangat mengenal istilah galau. Remaja sering  merasakan kegalauan, namun  jarang bisa mengungkapkan karena malu, tidak terbiasa mengungkapkan dan lain sebagainya. Perasaan galau, risau atau gelisah itu wajar jika hadir di dalam diri remaja dan ini terkadang susah untuk dicegah. Jika kita mendapatkan banyak masalah dalam hidup ini dan mungkin belum bisa terselesaikan maka galau itu bisa muncul dengan tiba-tiba. Mungkin diputisin pacar, jomblo, dapat nilai tidak memuaskan, mereka merasakan kegalauan. Belum lagi rentetan-tentetan pergaulan  yang dialami. Apalagi jika remaja nggak tahu jati dirinya, sehingga bingung mengarungi kehidupan. Melaui kegiatan ini diharapkan seluruh paserta dapat mengetahui dan memahami permasalahan kesehatan jiwa pada usia remaja. Sehingga semua masalah yang dialami remaja dapat diadaptasikan dengan baik.

Selain itu menurut mahasiswa magister minat keperawatan selaku ketua panitia kegiatan ini Ahmad Syamsudin, S.Kep.,Ns pada masa remaja, banyak terjadi perubahan biologis, psikologis maupun sosial. Tetapi umumnya proses pematangan fisik terjadi lebih cepat dari proses pematangan kejiwaan (psikososial). Manusia selalu dilihat sebagai satu kesatuan utuh dari unsur badan, jiwa, sosial, tidak hanya dititikberatkan pada penyakit tetapi pada peningkatan kualitas hidup, terdiri dari kesejahteraan dari badan, jiwa dan produktivitas secara sosial ekonomi. Beberapa jenis gangguan jiwa yang banyak terjadi pada masa remaja berbagai stresor yang ada, dapat timbul berbagai kondisi negatif seperti cemas, depresi, bahkan memicu munculnya gangguan psikotik. Kesehatan jiwa remaja merupakan hal  penting dalam menentukan kualitas bangsa. Remaja yang tumbuh dalam lingkungan kondusif dan mendukung merupakan sumber daya manusia yang dapat menjadi aset bangsa tidak ternilai. Hadir dalam kesempatan ini adalah dokter Vica selaku penanggung jawab posrem Puskesmas Pacarkeling beserta staf, dari Fakultas Keperawatan Unair dan seluruh mahasiswa M11 peminatan jiwa. 

Cerdas…Kreatif dan Bahagia…….. ABG Jaman Now….anti galau

Penulis: Dr. Hanik Endang Nihayati, S.Kep. Ns., M.Kep.

Pin It
Hits 269

Terpopuler






Berita Terbaru