Fakultas Keperawatan inisiasi kerja sama baru dengan School of Nursing, Faculty of Medicine, Oita University, Japan

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 04 Maret 2019

NERS NEWS - Fakultas Keperawatan serius dalam mendukung upaya Universitas Airlangga untuk menjadi bagian dari 500 universitas berkelas dunia. Oleh karena itu, penambahan kerja sama dengan institusi pendidikan di luar negeri menjadi suatu hal yang mutlak, selain untuk mengembangkan jejaring juga untuk mendukung internasionalisasi Universitas Airlangga. Kali ini, Fakultas Keperawatan, Universitas Airlangga menjajaki kerja sama dengan School of Nursing, Faculty of Medicine, Oita University, Japan.

Pertemuan yang dilaksanakan pada tanggal 26 Februari 2019 di gedung Faculty of Medicine, Oita University diawali dengan penandatanganan Memorandum of Understanding antara Universitas Airlangga dan Oita University untuk menyepakati kerja sama di berbagai bidang, termasuk student and staff mobility, serta research and publication collaboration. Tentu saja hal ini turut memberikan angin segar bagi terbukanya kolaborasi ke depan dengan fakultas dan program studi yang ada di Oita University, salah satunya School of Nursing.

Delegasi Fakultas Keperawatan, yaitu Prof. Dr. Nursalam, M.Nurs (Hons) (Dekan) dan ibu Eka Mishbahatul M. Has, S.Kep., Ns., M.Kep. (Wakil Dekan II: bidang Keuangan dan Sumber Daya) berkesempatan untuk bertemu dan berdiskusi dengan koordinator School of Nursing, Prof. Chizuru Harada, RS., MSN. Sharing tentang pengalaman kerja sama dengan institusi pendidikan lain di luar negeri yang telah dilaksanakan berkaitan dengan kegiatan staff and student mobility, joint research and publication, serta kolaborasi dalam pelaksanaan international nursing conference turut dibahas untuk menginisiasi bentuk kerja sama yang bisa dilakukan dalam waktu dekat. Strategic meeting yang dilaksanakan di ruang pertemuan Faculty of Medicine, Oita University tersebut juga menyepakati adanya tindak lanjut via email untuk diskusi ke depan tentang bentuk kolaborasi yang dapat segera direalisasikan.

Pasca fruitful discussion tersebut, Prof. Harada mengantarkan delegasi dari Fakultas Keperawatan, Universitas Airlangga untuk berkeliling dan melihat sarana dan prasarana pembelajaran yang dimiliki School of Nursing, Faculty of Medicine, Oita University. Gedung School of Nursing yang terdiri dari enam lantai tersebut dilengkapi dengan staff and student lounge di lantai 1, ruang perkuliahan di lantai 2, serta ruang dosen di lantai 3-6 yang terintegrasi dengan laboratorium masing-masing keilmuan. Profesor di bidang Nursing Management ini juga menunjukkan Laboratorium Keperawatan Keluarga, Komunitas, dan Gerontik yang sangat menarik, yang di-setting layaknya rumah dan budaya masyarakat Jepang. Meskipun gedungnya bergaya classic, bisa dikatakan fasilitas belajar di School of Nursing ini sangat memadai dan berbasis high technology, sehingga mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman belajar yang optimal.

Penulis: Eka Mishbahatul M.Has, S.Kep.Ns., M.Kep.

Pin It
Hits 77

Terpopuler