Ritsumeikan Asia Pacific University, kolega baru dalam penelitian dan publikasi ke depan

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 05 Maret 2019

NERS NEWS - Dalam lawatan ke Jepang pada 24-28 Februari 2019, Dekan dan Wakil Dekan 2 Fakultas Keperawatan, Prof. Dr. Nursalam, M.Nurs (Hons) dan Ibu Eka Mishbahatul M.Has, S.Kep., Ns., M.Kep. yang juga menjadi bagian dari delegasi Universitas Airlangga berkesempatan untuk bertemu dengan jajaran pimpinan Ritsumeikan Asia Pacific University. Pertemuan dalam rangka strategic meeting antara Universitas Airlangga dan Ritsumeikan Asia Pacific University yang dipimpin oleh Ritsumeikan Asia Pacific University’s Vice-President Dr. Kenji Yokoyama tersebut menjajaki kemungkinan kerja sama ke depan dalam bidang staff and student mobility, serta research and publication.

Universitas yang mulai dibuka pada tahun 2000 ini merupakan sedikit dari institusi pendidikan di Jepang yang sangat terbuka, yaitu memiliki komposisi mahasiswa asing mencapai 50%, yang berasal dari 88 negara, baik negara besar maupun kecil di kawasan Asia Pasifik. Staf pengajar yang ada juga 49.9 persennya merupakan pengajar asing. Yang menarik, Ritsumeikan Asia Pacific University telah ditunjuk oleh pemerintah Jepang untuk melakukan kajian-kajian terkait Jepang sebagai halal friendly country menyongsong Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang.

Meskipun universitas ini tidak memiliki program studi spesifik untuk ilmu keperawatan, tetapi universitas ini memiliki College of International Management yang di dalamnya terdapat peminatan untuk health management and organization. Ritsumeikan Asia Pacific University memiliki banyak expertise di bidang social health dan health management. Dalam strategic meeting telah didiskusikan bahwa ke depan, peneliti dari Fakultas Keperawatan, Universitas Airlangga dapat berkolaborasi dalam riset dan publikasi dengan para ahli di Ritsumeikan Asia Pacific University. Tentu saja hal ini dapat membantu pengembangan riset dan publikasi di Fakultas Keperawatan, Universitas Airlangga.

Penulis: Eka Mishbahatul M.Has, S.Kep.Ns., M.Kep.

 
Pin It
Hits 166

Terpopuler