Pemilih Berdaulat, Negara Kuat Sosialisasi Pemilu Luar Negeri 2019 di Kaohsiung-Taiwan

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 29 Maret 2019

NERS NEWS - Rakyat Indonesia dimanapun berada, menyambut pesta demokrasi dengan kegembiraan, antusiasme yang tinggi, serta dengan kedewasaan politik yang semakin matang. Menyambut Pemilihan Umum atau PEMILU Presiden dan Wakil Presiden serta calon anggota legislatif 2019, Panitia PEMILU Luar Negeri (PPLN) Taiwan 17, lokasi tempat pemungutan suara (TPS) Kaohsiung 1, menyelenggarakan sosialisasi PEMILU 2019, yang berlansung pada hari Minggu, 17 Maret 2019, bertempat di Toko Bali No.214 Nan Hua Road, Xing-Xing District, Kota Kaohsiung Taiwan. Kegiatan yang berlangsung mulai dari pukul 16.00 sd. 19.00 tsb, dihadiri oleh sekitar seratus orang WNI, terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari pekerja migrant Indonesia, pelajar dan serta warga Indonesia lainnya.

Kegiatan sosialisasi PEMILU 2019 ini merupakan bagian dari rangkaian agenda kegiatan persiapan PEMILU luar-negeri 2019 Taiwan. PEMILU 2019 di Taiwan itu sendiri akan diselenggarakan secara serentak, pada hari Minggu, 14 April 2019, mulai pukul 08.00 sd. 18.00. Untuk wilayah TPS Kaohsiung 1, pemilihan akan dilaksanakan ditempat yang sama dengan acara sosialisasi. Salah satu tujuan sosialisasi PEMILU 2019 adalah memfasilitasi para pemilih untuk tetap dapat memenuhi hak pilihnya meski jauh perantauan. Selain penyampaian materi dan tanya-jawab seputar pelaksanaan PEMILU, selama acara sosialisasi berlangsung, panitia juga membantu para pemilih yang belum terdaftar, untuk mendapatkan hak pilihnya, melalui koneksi langsung laman Pemilu Taiwan 2019 https://pplntaipei2019.org/

PPLN adalah Panitia yang dibentuk oleh KPU (komisis pemilihan umum) untuk melaksanakan Pemilu di luar negeri. Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) adalah kelompok yang dibentuk oleh PPLN untuk melaksanakan pemungutan suara di tempat pemungutan suara luar negeri. Menjadi bagian dari kelompok KPPSLN merupakan amanah untuk mengabdi kepada masyarakat, dimanapun berada. Untuk menjadi anggota KPPSLN, bakal calon anggota harus melewati proses seleksi yang ketat. Salah satunya adalah melalui pantauan rekam jejak di social media. PPLN Taiwan 17, Kaohsiung 1 diketuai oleh Muhammad Farid (Mahasiswa PhD Dept. Industrial Engineering and Management, National Kaohsiung University of Science & Technology/NKUST, Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Makasar), Ira Suarilah (Mahasiswa PhD in Nursing, Kaohsiung Medical University/KMU, Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga), Wiyata ( Mahasiswa PhD Management information, National Sun Yat Sen University/NSYSU, Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya), Dita Darmadea (Mahasiswa Master Manajemen Bisnis Administrasi, Cheng Shiu University/CSU) dan Rendy Septiadi (Mahasiswa Master Electrical Power Engineering/IMEPE, National Sun Yat Sen University/NSYSU).

Penulis: Ira Suarilah, Muhammad Farid. Wiyata, Rendy Septiadi, Dita Darmadea.

Pin It
Hits 613

Terpopuler