Jajanan Kekinian, Yang Menyehatkan Raga

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 12 April 2019

NERS NEWS - Mahasiswa Program Alih Jenis Angkatan B21 Fakultas keperawatan Universitas Airlangga, melakukan inovasi terhadap jajanan kekinian untuk memenuhi tugas Project Based Learning (PJBL) mata kuliah Keperawatan Komplementer Alternatif  yang diampu oleh Ibu Dosen Elida Ulfiana S.Kep.,Ns.,M.Kep yang merupakan salah satu dosen di Fakultas Keperawatan di Universitas Airlangga. Project Based Learning, yang disingkat PJBL merupakan salah satu metode pembelajaran di Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media. Dimana mahasiswa dan mahasiswi Alih jenis tersebut membuat beberapa produk makanan dan minuman olahan yang memanfaatkan tanaman herbal ataupun TOGA,seperti membuat KIDARSIH (Keripik Daun Sirih) dengan bahan dasar campuran daun sirih, Moring Nuget (Nuget Kelor) produk ini menggunakan tanaman kelor, See-Nom (minuman dengan bahan dasar Sinom, Asam Jawa, Kunyit), Aloevero Puding (Aloevera), PELOR (Pentol Kelor), dan Ice Lemongrass Tea yang menggunakan bahan dasar serai. Project Based Learning ini dilaksanakan pada tanggal 5 April 2019, bertepatan dengan acara Penutupan Dies Natalis Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga yang ke-20.

Sebelum melakukan project based learning, mahasiswa dan mahasiswi telah dibekali tentang materi manfaat tanaman herbal, dan bagaimana cara mengolah tanaman tersebut agar kandungan atau manfaat yang terdapat didalam tanaman tersebut tidak rusak ataupun hilang dikarenakan proses pengolahan yang kurang tepat. Manfaat-manfaat yang terkandung dalam produk yang telah dibuat seperti Nuget dan Pentol yang terbuat dari kelor yaitu meningkatkan jumlah ASI, antihipertensi, antikanker, anti-inflamasi, dll.Keripik sirih  manfaatnya sebagai anti inflamasi, antidiare, diuretik, penghenti perdarahan, dan pencegah cacingan, pada aloevera bermanfaat sebagai obat sembelit, antibiotik, obat batuk dan bagus dikonsumsi untuk penderita diabetes sedangkan manfaat pada serai yaitu sebagai kolesterol sehat, detoksifikasi, anti kanker, obat demam, dan gangguan pernafasan.

Proses PJBL Keperawatan Komplementer telah dilakukan oleh mahasiswa angkatan B21 darimulai proses pemilahan bahan, pengolahan bahan, produksi sampai dengan pemasaran produk. Pada proses pengolahan, produk yang akan dipasarkan diproses dan dikemas dengan kemasan kekinian dengan aneka kemasan yang unik untuk  dapat menarik minat konsumen khususnya anak muda, dan produk makanan dan minuman tersebut diolah menjadi produk yang siap santap, serta mempermudah dalam mengkonsumsinya. Para mahasiswa dan mahasiswi keperawatan alih jenis angkatan B21dalam memasarkan produk juga menggunakan kostum yang unik untuk menarik konsumen. Kegiatan ini dilakukan bersama mahasiswa angkatan yang lainnya, di BAZAR yang telah disediakan oleh Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga.

Harapan terselenggaranya kegiatan PJBL Keperawatan Kompelementer ini yaitu, mahasiswa dapat mengetahui manfaat dari Tanaman herbal/TOGA dan menjadikan TOGA sebagai bahan yang dikonsumsi sehari-hari karenahanya memiliki sedikit efek samping dan lebih banyak mengandung manfaat. Ayo Lestarikan TOGA sebisa kita mendapatkan kebaikannya.

Penulis: Farih Aminuddin

Pin It
Hits 148

Terpopuler