Peningkatan Eksistensi Perawat Melalui NDC 2019

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 15 April 2019

NERS NEWS - Sabtu (23/02/19) Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga telah suskes melaksanakan Nursing Debate Competition (NDC) 2019. NDC adalah lomba debat bahasa inggris yang diikuti oleh seluruh mahasiswa keperawatan se-Indonesia dan merupakan salah satu rangkaian dari Dies Natalis Fakultas Keperawatan yang ke 20. Pada tahun ini NDC mengambil tema “Current Nurses’s Innovation on Improving Health Care Quality in Industry Revolution 4.0”. Tema tersebut diangkat untuk mengasah kemampuan berpikir para peserta terhadap peningkatan eksistensi perawat dalam revolusi industri 4.0. Sebanyak 32 tim dari 25 institusi/perguruan tinggi berlomba untuk memperebutkan juara terbaik.

Dalam pelaksanaanya, banyak inovasi dan argumen yang disampaikan oleh peserta, mulai dari ancaman hilangnya eksistensi perawat di masa depan karena robot, keberadaan praktik mandiri keperawatan yang tidak diakui, pendidikan spesialis yang diperlukan bagi setiap lulusan keperawatan, dan masih banyak lagi. Hal ini diharapkan mampu membangun dan membentuk pola pikir dari mahasiswa keperawatan mengenai tantangan yang harus mereka hadapi sebagai tenaga kesehatan di masa depan. Selain itu, tingkat kreativitas peserta juga diuji dengan memberikan masukan, saran, dan inovasi yang dapat diterapkan untuk perawat agar mampu bertahan di tengah perkembangan zaman yang dinamis.

Persaingan yang ketat tidak melunturkan semangat para peserta untuk terus memberikan pandangan mereka mengenai isu-isu keperawatan yang sedang berkembang. Tidak hanya sekedar berlomba, melalui NDC mahasiswa keperawatan se-Indonesia mampu menjalin komunikasi, kerja sama, bertukar pemikiran, dan lain sebagainya sebagai rekan sejawat. Setelah perjuangan yang sangat panjang, akhirnya terpilih 3 juara Nursing Debate Competition (NDC) 2019 yaitu Juara 1 Universitas Padjajaran, Juara 2 Stikkes Bali, Juara 3 Universitas Airlangga, dan Best Speaker diraih oleh Yona Ferrari dari Poltekkes Malang.

Pin It
Hits 40

Terpopuler