INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

JERUK LEMON, SI IDOLA IMUNITAS TUBUH

  • By
  • In Lihat
  • Posted 29 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 735

Virus corona telah menjangkit bahkan ratusan ribu orang diberbagai penjuru dunia.Ditengah pandemi seperti saat ini, daya tahan tubuh atau yang biasa disebut imunitas tubuh sangatlah penting. Dimana dengan imunitas yang bagus, resiko tertularnya virus Covid-19 dapat diminimalisir.

Banyak orang yang melakukan berbagai upaya untuk menjaga imunitas tubuh agar tetap bagus ditengah pandemi seperti saat ini, mulai dari upaya medis sampai herbal (alami).

Dimana yang kita ketahui bahwa sampai detik ini vaksin virus ini masih belum ditemukan. Inilah yang menyebabkan perlindungan dari dalam diri individu masing-masing yang menjadi benteng utama. Manusia memiliki benteng pertahanan berupa sistem imun dari virus dan bakteri penyebab penyakit. Benteng inilah yang harus kita jaga sebagai upaya perlindungan kita terhadap Covid-19.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jeruk memiliki kandungan kaya akan vitamin dan mineral yang dapat mendukung peningkatan daya tahan tubuh. Belakangan ini banyak dari masyarakat yang mengkonsumsi buah ini agar daya tahan tubuh tetap maksimal walau ditengah pandemi.

Kebanyakan jeruklemon dikonsumsi dengan cara dikonsumsi langsung atau diperas dan diambil airnya. Selain itu, jeruklemonjuga bisa dijadikan bahan masakan maupun kue. Lantas apa saja manfaat dari jeruk lemon bagi kesehatan ? berikut penjelasannya.

1. Menyehatkan Jantung

Jeruk lemon kaya akan kalium. Mengutip dari buku Khasiat Lemon untuk Kestabilan Kesehatan karya Hindah Muaris, dalam 100 gram jeruk lemon mengandung kalium sekitar 140 mg. Kalium merupakan mineral yang penting untuk otak karena bermanfaat mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

2. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Jeruk lemon bermanfaat untuk mencegah penyakit batu ginjal bila dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan. Penelitian yang dilakukan di Maroko tahun 2007 melaporkan bahwa minum jus lemon dapat mencegah pembentukan batu ginjal pada tikus.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sudah bukan rahasia bila jeruk lemon bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh. Dalam 100 gramjeruk lemon mengandung sekitar 39 mg vitamin C. Kadar vitamin C yang cukup tinggi di dalam jeruk lemon membuatnya tidak mudah rusak karena memiliki pH yang cukup asam yakni 2-3. Selain itu jeruk lemon juga mengandung quersetin yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Mengontrol Gula Darah

American Diabetes Association (ADA) memasukkan jeruk lemon sebagai superfood diabetes. Jeruk lemon mengandung quersetin yang berperan untuk menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh,

5. Mencegah Kanker

Jeruk lemon mengandung flavonoid yang berperan sebagai penangkal radikal bebas dan aktioksidan. Flavonoid juga berfungsi sebagai antivirus, antikanker, dan antialergenik. Asian Pasific Journal of Cancer Prevention menyebutkan bahwa ekstrak lemon meningkatkan pemrograman kematian sel di dalam sel kanker payudara.

6. Detoksifikasi

Jeruk lemon juga bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh. Jeruk lemon mengandung asam sitrat yang berperan menyerap racun dalam sirkulasi darah yang dibuang melalui urin. Itulah pembahasan mengenai manfaat jeruk lemon bagi peningkatan imunitas tubuh. Semoga bermanfaat.

 

Pin It
Hits 1278