INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Pentingnya Istirahat yang Cukup

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Istirahat sangat penting bagi manusia karena dengan beristirahat kita dapat menyegarkan tubuh kita. Waktu istirahat yang baik adalah tidur malam karena saat tubuh tidur di malam hari, tubuh mengalami perbaikan diri, pertumbuhan, dan lain lain. Waktu yang dibutuhkan untuk tidur berbeda pada usia tertentu. Pada remaja dengan kisaran usia 12-18 tahun membutuhkan waktu tidur sebanyak 8,5 jam perhari. Untuk orang dewasa dengan kisaran usia 18 -40 tahun membutuhkan waktu tidur sebanyak 7-8 jam perhari, dan untuk lanjut usia dengan kisaran dengan umur 60 tahun keatas membutuhkan waktu tidur sebanyak 6 jam perhari.

Lalu bagaimana dampak pada seseorang yang kurang tidur ? kurangnya tidur dapat berdampak buruk bagi tubuh dan psikis. seperti hilang fokus dan tidak dapat berkosentrasi saat belajar atau berkendara, terjadi obesitas, lebih mudah terkena penyakit diabetes mellitus karena terganggunya waktu menghasilkan insulin. Selain diabetes penyakit lain yang dapat menyerang adalah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, dan lain lain. Kurangnya tidur menyebabkan meningkatnya stres seseorang seperti marah marah, terlihat murung, dan sebagainya. Seseorang yang kurang tidur juga lebih terlihat tua karena Kulit terlihat kusam, muncul keriput, memiliki kantung mata atau mata panda.

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi kurang tidur seperti
1. Menghindari konsumsi kopi, rokok, dan alcohol Karena kopi mengandung caffein yang dapat mencegah seseorang merasa kantuk, rokok dan alcohol yang membuat susah tidur.
2. Tetapkan waktu tidur yang teratur untuk membiasakan diri agar tidur tepat waktu
3. Menenangkan pikiran dan mental seperti menghitung domba, memikirkan hal yang menyenangkan atau tidak berpikir sama sekali untuk membantu rasa kantuk datang.
Semakin banyak pikiran banyak pikiran semakin tidak bisa tidur.

Dengan beberapa cara berikut diharapkan dapat membantu memudahkan tidur dan dapat beristirahat.

Sumber :
https://promkes.kemkes.go.id/wp- content/uploads/pdf/publikasi_materi_promosi/Informasi%20CERDIK/6.%20Istirahat%20Cukup_285x285mm.pdf

Pin It
Hits 26216