INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Ketahui Cara Merawat Kuku yang Benar

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Merawat kuku merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan dengan benar agar kuku terjaga kesehatan dan kebersihannya. Namun, terkadang masih ada yang kurang memperhatikannya atau bahkan melakukan kesalahan dalam merawat kuku. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, simak penjelasan berikut untuk mengetahui cara merawat kuku yang benar.

Ciri kuku yang sehat

Sebelum mengetahui cara merawat kuku yang benar, kenali dulu bagaimana ciri-ciri dari kuku yang sehat. Kuku yang sehat adalah kuku yang selalu terlihat bersih, kuat, dan tidak mudah patah. Permukaan kuku yang sehat berwarna jernih dan sedikit terlihat warna merah muda pada bantalan permukaannya. Selain itu, tekstur permukaannya rata dan juga halus. Apabila kuku mengalami perubahan warna, tekstur, ataupun tampilannya sebaiknya segera konsultasikan kondisi tersebut ke dokter.

Cara merawat kuku
1. Menjaga kuku tetap kering
Kuku yang lembab akan mudah ditumbuhi oleh jamur dan bakteri sehingga dapat menyebabkan infeksi pada kuku. Selain itu, kuku yang lembab karena sering atau terlalu lama terkena air akan mudah patah. Untuk menghindari hal tersebut, pakai sarung tangan karet saat mencuci piring atau baju. Dapat pula dengan mengeringkan kuku menggunakan handuk bersih yang kering setelah membersihkan kaki atau tangan.
2. Menjaga kebersihan kuku
Menjaga kebersihan kuku dapat dilakukan dengan cara menggunting kuku secara rutin. Hal ini bertujuan untuk mencegah menumpuknya kotoran atau bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Gunakan gunting kuku yang bersih, tajam, dan hanya digunakan untuk diri sendiri. Gunting kuku secukupnya atau jangan terlalu pendek karena bisa membuat jari terluka dan akan semakin sulit membersihkan kotoran yang terjebak.
3. Menggunakan pelembab
Meskipun kuku harus tetap kering, namun kuku juga tidak boleh terlalu kering. Oleskan losion pelembab tangan pada kuku dan kutikula untuk menjaga kelembaban kuku agar tetap cukup.
4. Menggunakan sabun untuk membersihkan kuku
Untuk merawat kuku tangan maupun kaki, gunakan sabun antibakteri ketika membersihkannya. Agar mendapat hasil yang maksimal, gunakan spons atau handuk kecil untuk menggosok sela-sela kuku.
5. Mengonsumsi makanan bergizi
Agar kuku tetap sehat dan kuat, diperlukan asupan gizi yang harus dipenuhi. Nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kuku, seperti vitamin, zat besi, zink, protein, dan magnesium. Nutrisi tersebut dapat dipenuhi melalui konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin A, C, dan B6, seperti buah aprikot, kiwi, dan pisang. Selain itu, dapat juga mengonsumsi daging, ikan, ataupun sayuran hijau untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lainnya.

Hal yang harus dihindari
1. Menggigit kuku dan memotong kutikula kuku
Kedua hal ini dapat menyebabkan kuku semakin pendek dan bentuknya tidak beraturan. Jamur dan bakteri akan makin mudah masuk sehingga dapat menginfeksi kuku.
2. Menarik kulit di tepi kuku
Kulit di pinggiran kuku atau hangnail yang ditarik begitu saja dapat menyebabkan risiko robeknya jaringan kulit sehingga memudahkan terjadinya infeksi, bengkak, ataupun bernanah. Sebaiknya potong hangnail dengan gunting kuku agar tidak terjadi hal demikian.
3. Menggunakan cat kuku
Penggunaan cat kuku yang terlalu sering dapat menyebabkan kuku patah ataupun lepas. Jika ingin menggunakan cat kuku, gunakan yang kandungannya ringan. Selain itu, gunakan penghapus cat kuku yang terbebas dari kandungan aseton. Aseton dan cat kuku akan membuat kuku semakin kuning dan tekstur permukaannya pecah-pecah.

Itulah beberapa cara merawat kuku yang benar. Selain melakukan cara-cara tersebut, kenali pula gejala yang tidak normal pada kuku, seperti mengalami masalah yang tak kunjung hilang pada kuku. Sebaiknya segera pergi konsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Referensi:
https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kuku/cara-merawat-kuku/
https://www.sehatq.com/artikel/cara-merawat-kuku-tanpa-perlu-pergi-ke-salon-agar-sehat

Penulis: Tiffani Nur Widya Andari
Editor: Naili Raudiatus Zahra

Pin It
Hits 5379