INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Jerawat di Punggung

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 31 March 2021

Ada banyak faktor penyebab jerawat dapat muncul di badan. Namun, pemicu utama jerawat dimana pun lokasi pertumbuhannya adalah pori-pori kulit yang tersumbat, terutama di punggung, dada, dan leher. Sama seperti bagian tubuh lainnya, badan juga memiliki pori-pori dan mengandung kelenjar sebasea (minyak). Jika kelenjar sebasea terlalu aktif, produksi minyak pun menjadi berlebihan. Akibatnya, folikel di dalam pori pun dapat tersumbat.

Sementara itu, lapisan kulit badan juga akan terus menerus menghasilkan sel kulit mati untuk digantikan dengan yang baru. Jika minyak dan sel kulit mati terperangkap di dalam pori, penyumbatan pun terjadi yang dapat berkembang menjadi komedo. Alhasil, penyumbatan pori yang dibiarkan dan diperparah dengan keringat dan debu dapat memicu infeksi akibat bakteri penyebab jerawat.

Berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat memicu dan memperparah kondisi jerawat di badan, termasuk punggung, leher, dan dada.

1. Gesekan kulit dengan pakaian

Salah satu penyebab utama munculnya jerawat di punggung dan area badan lainnya adalah iritasi akibat gesekan dari benda seperti baju dan tas punggung ke kulit. Jerawat yang disebabkan oleh iritasi kulit ini disebut sebagai acne mechanica. Sebagai contoh, pakaian yang ketat membuat kulit kesulitan bernapas dan memproduksi keringat lebih banyak. Keringat yang bercampur dengan minyak alami yang dikeluarkan oleh tubuh menciptakan lapisan pada kulit. Akibatnya, pori-pori tersumbat yang menyebabkan komedo putih dan jerawat.

2. Menggunakan perhiasan

Sama seperti pakaian, perhiasan dapat memicu kemunculan jerawat, terutama di bagian leher. Pasalnya, perhiasan yang bersentuhan langsung dengan leher dapat mengiritasi kulit yang menyebabkan timbulnya jerawat pada beberapa orang.

3. Area badan kotor dan berkeringat

Bagi Anda yang memiliki rambut yang panjang dan senang berolahraga mungkin perlu berhati-hati. Pasalnya, jerawat yang muncul di punggung dan leher terjadi akibat area tersebut kotor dan sedang berkeringat, terutama setelah berolahraga. Gesekan langsung antara rambut kotor atau pakaian yang berbahan kasar (polyester dan rayon) dan kotor dengan kulit leher juga menyebabkan peradangan. Alhasil, jerawat pun muncul di bagian-bagian badan yang terkena kotoran tersebut.

 

Referensi :

https://hellosehat.com/penyakit-kulit/jerawat/jerawat-di-badan/

 

Penulis: Rizqi Nur Rahma

Editor: Naili Raudiatus Zahra

Pin It
Hits 1439