INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Menjaga Postur Tubuh Anda Dengan Tips Berikut

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 23 April 2021

Setiap orang terkadang tidak menyadari bagaimana posisi duduk, tiduran, berdiri yang baik dan benar. Maka dari itu, sekarang posisi tersebut harus dirubah. Dengan begitu, kebiasaan buruk salah posisi akan hilang dengan sendirinya. Sebenarnya apa saja sih manfaat dari menjaga postur tubuh?

Menurut sebuah artikel, postur tubuh yang baik dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Seperti mencegah sakit punggung dan otot, menghindari pegal-pegal karena otot yang digunakan lebih efisien, mencegah tulang punggung berada pada posisi abnormal, mengurangi ketegangan pada ligamen tulang belakang, membantu mencegah kerusakan sendi yang mengarah ke radang sendi.

Berikut beberapa tips untuk menjaga postur tubuh anda:

Tidak membungkuk. Ini memberi tekanan pada tulang, otot, persendian yang anda butuhkan untuk menahan tulang punggung anda. Juga mempersulit kerja paru-paru dan usus anda. letakkan handuk kecil yang dugulung atau bantalan pinggang di belakang punggung tengah untuk melindungi lekukan tulang belakang anda.

Meluruskan badan. Dengan berdiri tegak tubuh akan lebih baik. Saat duduk tegak dan kaki menyentuh lantai, usahakan kedua bahu selalu keadaan relaks.

Perhatikan penggunaan gawai. Tanpa disadari, penggunaan gawai/handphone terlalu lama akan menimbulkan rasa kaku dan nyeri di leher hingga ke bahu. Jadi, luangkan sebentar untuk meregangkan leher anda.

Perhatikan posisi anda saat berkendara. Apabila berkendara dengan mobil, tarik kursi Anda dekat kemudi, tidak mengunci kaki, tekuk sedikit lutut anda, dan gunakan bantal atau handuk digulung di belakang punggung sebagai penyangga. Sedangkan apabila berkendara dengan sepeda, pastikan postur tubuh Anda tetap tegak dan rileks.

Tidak menggunakan high heels terlalu lama. Penggunaan high heels berukuran 4 cm tidak lebih dari 4 jam dalam sehari. Semakin tinggi hak sepatu yang anda pakai, semakin sebentar pula batas waktu penggunaannya. Tekanan high heels ini mendorong pangkal tulang belakang anda ke depan yang membuat punggung anda melengkung. Sehingga terjadi tekanan pada saraf yang menyebabkan rasa sakit di punggung.

Pengguanaan alas tidur dan bantal yang sesuai. Bantal diletakkan sejajar dengan tulang punggung, bantal yang digunakan tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Kasur yang digunakan harus kuat yang mampu menahan bentuk tulang belakang anda. Saat tidur menyamping, tekuk sedikit lutut anda dan bukan memeluknya.

Melakukan olahraga. Dengan olahraga, psotur tubuh akan lebih baik. Anda bisa melakukan pilates, sit up, push up, berenang, dan sebagainya.

Selamat mencoba!

 

Sumber:

Yunita, Theresia Rina. 2020. Cara Memperbaiki Postur Tubuh Yang Aman dan Efektif. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3061995/cara-memperbaiki-postur-tubuh-yang-aman-dan-efektif (Diakses pada 23 April 2021).

Upahita, Damar. 2021. Manfaat dan Cara Mempraktikan Postur Tubuh Yang Baik Untuk Tulang Belakang. https://hellosehat.com/muskuloskeletal/postur-tubuh-yang-baik/ (Diakses pada 23 April 2021).

Wheeler, Tyler. 2020. 9 Tips For Better Posture. https://www.webmd.com/osteoporosis/ss/slideshow-posture-tips (Diakses pada 23 April 2021).

 

Penulis : Ratna Dhelva I. W.

Editor : Risky Nur Marcelina

Pin It
Hits 3071