INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Segudang Manfaat Senam Yoga untuk Tubuh yang Sehat

  • By
  • In Lihat
  • Posted 15 May 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Olahraga tak hanya melulu gerakan fisik yang membuat tubuh dapat berkeringat. Pasalnya, terdapat alternatif olahraga lain yang tidak perlu berpindah-pindah tempat namun dapat meningkatkan kualitas mental dan fisik, yang disebut yoga. Yoga sebenarnya merupakan olahraga tubuh dan pikiran. Manfaat yoga tidak hanya membantu tubuh menjadi lebih segar dan bugar, tetapi juga dapat membantu mengendalikan stres dan mengurangi rasa gelisah. Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan yoga, tentu tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja manfaat dari senam yoga.

Manfaat Senam Yoga bagi Tubuh
1. Meningkatkan Kebugaran dan Kekebalan Tubuh
Salah satu cara untuk menjaga kekebalan tubuh adalah dengan olahraga yoga. Penelitian menyebutkan bahwa wanita yang melakukan yoga selama 35 menit setiap hari selama 12 minggu berturut-turut akan mengalami peningkatan imunitas atau kekebalan tubuh.
2. Mengurangi Stres
Hampir semua jenis olahraga dapat membantu seseorang mengatasi depresi, begitu juga dengan yoga. Sebagian studi menunjukkan bahwa yoga dapat mengurangi rasa gelisah, stres, serta memperbaiki mood dan kesejahteraan fisik maupun psikis seseorang.
3. Membantu Mengatasi Masalah Kesehatan
Jika Anda memiliki risiko penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi atau penyakit jantung, yoga dapat menjadi olahraga yang cocok. Pasalnya, yoga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Meskipun demikian, kaitan manfaat yoga dengan kesehatan jantung masih harus diteliti lebih lanjut.
4. Membakar Lemak dalam Tubuh
Selain itu, manfaat utama yang tentunya dicari banyak orang dalam melakukan senam yoga adalah terbakarnya lemak dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat ini, lakukan yoga jenis ashtanga, power yoga, atau hot yoga, dikombinasikan dengan berjalan kaki, berlari, atau olahraga aerobik.
5. Mendorong Pola Makan Sehat
Yoga juga dapat membantu dalam mempertahankan daya tahan tubuh dan menjaganya agar tetap bugar. Hal itu dapat memotivasi Anda untuk makan sehat dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh.
6. Memperbaiki Postur Tubuh
Postur tubuh yang baik dapat memengaruhi setiap sistem pada tubuh, termasuk sistem pencernaan, otot, peredaran darah dan saraf. Berlatih yoga dapat memperbaiki postur dan memastikan bahwa tubuh dalam kondisi berfungsi optimal.
7. Mengurangi Nyeri Sendi
Sebuah studi dalam Rheumatic Disease Clinics of North America pada tahun 2011 menyatakan bahwa melakukan senam yoga dua kali seminggu bisa membantu meringankan bengkak dan sakit sendi yang diderita oleh seseorang.
8. Meningkatkan Kepercayaan Diri
Manfaat yoga untuk kesehatan mental yaitu dengan meningkatnya rasa percaya diri seseorang. Ada banyak pose-pose yoga yang menantang, hal ini membutuhkan fisik dan semangat berlatih yang kuat. Sehingga, melakukan hal tersebut membutuhkan kekuatan tubuh serta pikiran yang menjadikan cara ini untuk memupuk dan meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

Itulah sederetan manfaat dari senam yoga bagi tubuh, lakukan senam yoga secara rutin demi kesehatan jiwa dan raga. Yoga tidak hanya berguna untuk ketenangan pikiran, tapi juga dapat membantu meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh Anda.

Sumber : Alodokter. 2018. https://www.alodokter.com/maksimalkan-manfaat-yoga-untuk-kesehatan-jiwa-dan-raga. (Diakses pada 15 Mei 2021).

Penulis : Sabita Ibtisamah
Editor : Titis Nurmalita

Pin It
Hits 3880