INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Mengenal Penyakit Glioblastoma

  • By
  • In Lihat
  • Posted 20 May 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 738

Glioblastoma disebut juga glioblastoma multiforme yang merupakan salah satu jenis kanker ganas yang tumbuh di daerah otak atau sumsum tulang belakang. Kanker ini terbentuk dari sel astrosit (sel yang mendukung kerja sel saraf).

Penyebab

Penyebab glioblastoma belum diketahui secara pasti namun kanker otak glioblastoma semula berasal dari tumor yang berkembang lebih ganas menjadi kanker stadium IV atau stadium lanjut.

Pertumbuhan sel kanker glioblastoma diperkirakan mempunyai kaitan dengan perubahan gen. Selain itu, terdapat beberapa faktor lain yang membuat seseorang lebih berisiko menderita glioblastoma, yaitu: jenis kelamin laki-laki, usia di atas 50 tahun, ras kaukasia dan asia.

Gejala

Gejala yang dirasakan oleh penderita kanker glioblastoma umumnya disebabkan oleh tekanan pada otak. Gejalanya juga bisa berbeda-beda, tergantung lokasi sel kanker tumbuh diantaranya: sakit kepala berkepanjangan, kejang, muntah-muntah, kesulitan berpikir, kesulitan berbicara, perubahan suasana hati, perubahan kepribadian, penglihatan ganda atau kabur, hilang ingatan (amnesia), hilang selera makan, lemah satu sisi badan (hemiparesis), lemah otot.

Cara Mengobati

Sebelum melakukan pengobatan, seseorang yang mengalami keluhan seperti yang disebutkan diatas akan melakukan serangkaian pemeriksaan, mulai dari pemeriksaan saraf, tes pencitraan dengan CT scan atau MRI, hingga biopsi. Jika diagnosisnya glioblastoma, ada beberapa perawatan yang mungkin akan dianjurkan, antara lain:
• Operasi, untuk mengangkat sel kanker sebanyak mungkin
• Radioterapi, untuk membunuh sel kanker yang tersisa
• Kemoterapi, yang dilakukan bersamaan dengan radioterapi atau setelahnya

Selain itu, obat-obatan lain yang mungkin akan diresepkan untuk penderita glioblastoma adalah:
• Antikonvulsan, untuk mengurangi rasa sakit dan risiko kejang akibat kanker.
• Kortikosteroid, untuk mengurangi pembengkakan otak.


Penulis: Ida Sholihatun Nisa’
Sumber:
Nareza, Meva. 2020. Glioblastoma: Penyebab, Gejala dan Penanganan. Diakses pada 20 Mei 2021 dari web https://www.alodokter.com/glioblastoma-penyebab-gejala-dan-penanganan
Afifah, Mahardani Nur. Kanker Otak Glioblastoma: Gejala, Diagnosis, Cara Mengobati. Diakses pada 20 Mei 2021 dari web https://health.kompas.com/read/2020/03/31/160400668/kanker-otak-glioblastoma--gejala-diagnosis-cara-mengobati?page=all

Pin It
Hits 2464