INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Beragam Manfaat Buah Belimbing

  • By
  • In Lihat
  • Posted 24 May 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Belimbing atau Averrhoa carambola adalah buah dikenal dengan rasa asam-manisnya yang menyegarkan. Pasti Anda sudah pernah mengkonsumsinya bukan. Tapi tahukah Anda ada beragam manfaat dari buah belimbing ini. Dalam 100 gram buah belimbing mengandung: air, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, zinc, beta-karoten, vitamin B1, dan vitamin C.
Menurunkan Berat Badan
Penelitian menunjukkan, konsumsi buah belimbing mampu menurunkan berat badan. Karena belimbing punya kalori yang rendah dan serat yang tinggi. Sehingga anda tidak cepat lapar.
Mengendalikan Kadar Gula Darah
Tingginya kandungan serat tidak larut air (insoluble fiber) pada belimbing mampu menghambat penyerapan glukosa. Juga bermanfaat pada penderita diabetes, dimana perlu mengendalikan kadar gula darahnya.
Memperkuat Kekebalan Tubuh
Kandungan vitamin C yang tinggi inilah yang mampu menguatkan sistem kekebalan tubuh. Adapun kandungan antioksidan seperti flavonoid dan fenol pada buah ini. Berdasarkan BetterHealth Channel, antioksidan mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.
Meredakan Sistem Maag
Berdasarkan penelitian Indonesian Journal of Global Health Research, belimbing dapat mencegah terbentuknya luka pada lambung dimana ada kandungan antioksidan seperti flavonoid. Antioksidan juga memperkuat lapisan dalam lambung.
Mengurangi Risiko Kardiovaskuler
Berdasarkan penelitian, konsumsi belimbing dalam porsi cukup dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke. Karena banyaknya kandungan vitamin B9 (asam folat), yang bermanfaat menurunkan kadar homosistein. Namun, pada anda yang memiliki gangguan fungsi ginjal terutama gagal ginjal kronis tidak dianjurkan konsumsi buah belimbing. Karena, kandungan asam oksalat dan karamboxin dapat menumpuk dalam tubuh bila tidak disaring ginjal dan keluar melalui urine.
Meredakan Peradangan Kulit
Belimbing mampu mengurangi peradangan pada beberapa masalah kulit. Berdasarkan Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, ekstrak belimbing dapat mengurangi edema (pembengkakan) akibat peradangan.

Sumber ;
Yosia, Mikhael. 2021. 9 Manfaat Kesehatan Dari Makan Buah Belimbing. Diakses pada 23 Mei 2021. <https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-buah-belimbing/?amp=1>
Marianti. 2020. Kandungan Dan Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh. Diakses pada 23 Mei 2021. <https://www.alodokter.com/kandungan-dan-manfaat-belimbing-bagi-kesehatan-tubuh>

Penulis : Ratna Dhelva I. W.
Editor : Titis Nurmalita

Pin It
Hits 785