INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Agar Tidak Mudah Kehilangan Fokus

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 18 March 2021

Konsentrasi adalah kunci penting dalam melakukan tugas maupun pekerjaan. Tanpa konsentrasi yang memadai, kegiatan yang dilakukan akan terasa lebih sulit dan seakan tidak selesai-selesai.

Terkadang sebagian besar dari kita saat bekerja ataupun belajar sering mengalami kehilangan fokus. Baru beberapa menit mengerjakan kita sudah tidak bisa fokus lagi mengerjakan sesuatu bahkan membuang waktu kita dengan sia-sia.

Gangguan konsentrasi adalah kendala yang dapat membuat pekerjaan dan tugas menjadi terhambat, sehingga tidak bisa selesai tepat waktu. Beberapa kemungkinan penyebab kita sulit untuk konsentrasi, yaitu :

• Kurang tidur

• Banyak pikiran

• Stres

• Lapar

• Gelisah

• Kecanduan alkohol

Berikut cara meningkatkan fokus agar kamu dapat mengerjakan pekerjaan dengan konsentrasi.

1. Hindari sumber gangguan

Menghindari sumber gangguan merupakan langkah awal yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan konsentrasi supaya bisa fokus. Sadari terlebih dahulu gangguan yang membuyarkan konsentrasimu, misalnya kebisingan, suara mengganggu, notifikasi ponsel, atau mungkin obrolan orang lain.

2. Dekorasi meja atau tempat kerja

Keberadaan barang-barang tidak penting yang memenuhi meja kerja atau meja belajar, terbukti sangat menggangu dan mengalihkan perhatian. Kondisi meja yang berantakan, membuat otak secara langsung terpengaruh dengan hal-hal yang terlihat di depan mata. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu mengatur kembali meja dengan menempatkan benda-benda penting dan yang bisa memotivasi.

3. Mengonsumsi kafein

Menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh National Center for Biotechnology Information, menyebutkan bahwa mengonsumsi kafein dapat meningkatkan kemampuan fokus. Kafein dapat menstimulasi kerja sistem saraf pusat, sehingga meningkatkan kewaspadaan, ketelitian, perhatian, dan konsentrasi.

4. Buat daftar prioritas

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Graduate Medical Education, menyatakan bahwa membuat daftar prioritas dapat membantu produktivitas. Kamu bisa menuliskan apa saja tugas atau pekerjaan yang harus kamu selesaikan hari ini, mulai dari yang paling penting dan darurat hingga yang tidak terlalu penting. Pilih tiga peringkat teratas dari daftar prioritas yang telah kamu buat, lalu fokuslah mengerjakan tugas dan pekerjaan tersebut.

5. Luangkan waktumu untuk santai

Stres dapat menyebabkan otak kamu lelah dan dapat mengikis kandungan dalam otak yang berfungsi menyimpan ingatan. Dengan gaya hidup yang seimbang dan melakukan aktifitas yang dapat membuat kamu rileks, seperti yoga, membuat kerajinan, dan bersosialisasi dapat mengurangi pengikisan ingatan.

6. Hindari multitasking dan fokuskan diri kamu pada satu pekerjaan

Kegagalan fokus sering terjadi karena kamu melakukan banyak pekerjaan sekaligus (multitasking). Otak dipaksa bekerja untuk fokus pada hal yang berbeda sehingga kerja otak menjadi berantakan. Cobalah untuk mengatur prioritas pekerjaan kamu, mana yang lebih penting dan mendesak untuk diselesaikan, mana yang bisa dikerjakan nanti karena deadlinenya masih lama.

 

Penulis : Arya Fauzan Adam

Editor : Naili Raudiatus Zahra

 

Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspiration/anggoro-pristoriko/8-cara-yang-dapat-kamu-lakukan-untuk-meningkatkan-fokus-c1c2/8

Pin It
Hits 1175