INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Apa itu Kepribadian Introvert?

  • By
  • In Lihat
  • Posted 29 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Introvert adalah salah satu tipe kepribadian. Mereka yang memiliki kepribadian introvert cenderung fokus pada pikiran, perasaan, dan emosi yang datang dari diri mereka sendiri (juga dikenal sebagai internal). Ini berbeda dengan ekstrovert yang suka mencari rangsangan dari luar.

Introvert adalah tipe kepribadian yang sering disalahartikan sebagai pemalu. Faktanya, introvert dan rasa malu itu tidak sama. Orang yang pemalu cenderung merasa khawatir atau tidak nyaman dalam situasi sosial tertentu, terutama ketika harus berinteraksi dengan orang yang tidak dikenalnya.

Faktanya, rasa malu adalah gangguan jiwa, walaupun setiap orang mengidap penyakit ringan, ia juga tergolong gangguan kecemasan sosial. Di saat yang sama, introvert lebih suka menyendiri untuk mengumpulkan energinya. Namun, introvert sebenarnya tidak memiliki masalah dalam situasi sosial.

Seorang introvert adalah tipe kepribadian, yang merupakan kebalikan dari ekstrovert. Namun pada kenyataannya, ada unsur introvert dan ekstrovert di antara setiap orang. Bedanya, sebagian orang lebih didominasi oleh introvert, begitu pula sebaliknya, sebagian orang lebih didominasi oleh ekstrovert.

Penting untuk mengetahui apakah Anda introvert atau ekstrovert. Alasannya adalah selain mengenal diri sendiri lebih baik, Anda bisa mendapatkan dan fokus lebih efektif dengan cara yang benar.
1. Merasa lelah jika di keramaian
2. Menikmati kesendirian
3. Memiliki grup dengan teman dekat
4. Orang lain sulit untuk mengenal diri lo lebih jauh
5. Lebih tertarik dengan pekerjaan yang bersifat mandiri

Bagaimana Anda tahu seseorang itu introvert?

Setiap orang sebenarnya memiliki unsur kepribadian yang introvert atau ekstrovert. Hanya saja sebagian orang lebih mengontrol, sehingga seorang introvert akan lebih didominasi oleh seorang introvert.

Lalu, bagaimana cara mengetahui atau mendiagnosis karakter tersebut? Ada beberapa tes kepribadian yang dapat digunakan untuk mengukur elemen mana yang mendominasi seseorang. Beberapa dari mereka adalah:
- Indikator Jenis Myers-Brigss (MBTI),
- Mesin sortir temperamen Keirsey,
- Indikator gaya kepribadian,
- Skala kepribadian model lima faktor.

Meski begitu, para ahli profesional tetap percaya bahwa dengan mengamati secara langsung setiap orang, kepribadian seseorang bersifat introvert atau ekstrovert. Alasannya adalah bahwa elemen kepribadian yang lebih menonjol daripada seseorang biasanya sangat bergantung pada konteks.

Penulis : Arya Fauzan Adam
Editor : Naili R.Z

Sumber : https://hellosehat.com/mental/introvert/

Pin It
Hits 16986