INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Mengenal Lebih Dekat Diabetes Melitus

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 30 May 2023

NERS NEWS – Mahasiswa profesi B24 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga kelompok 10 KMB melakukan kegiatan Pendidikan Kesehatan Rumah Sakit (PKRS). PKRS merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa Profesi Ners untuk memenuhi kompetensi sebagai Ners. Topik yang digunakan yakni tentang “Mengenal Lebih Dekat Diabetes Melitus” di ruang Irna RSKI 6A Rumah Sakit Universitas Airlangga. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jum’at (03/03/2023). Pembimbing dari kegiatan ini adalah Lailatun Ni’mah, S.Kep., Ns., M.Kep selaku pembimbing akademik dan Sri Purwanti, S.Kep., Ns., M.Kep selaku pembimbing klinik.

Pendidikan Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) bertujuan memberikan pengetahuan mengenai penyakit terutama tentang diabetes melitus. Kelompok 10 memilih topik tersebut dikarenakan penyakit tersebut merupakan penyakit terbanyak diderita pasien terlebihnya di ruang Irna RSKI 6A. Diabetes Melitus adalah penyakit kronis berupa gangguan metabolik yang ditandai dengan kadar gula arah meningkat lebih dari ambang batas normal (Safarudin & Henny, 2022).

Dalam kegiatan Pendidikan Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) ini, kelompok 10 tidak hanya memberikan penjelasan terkait Diabetes Melitus, melainkan juga mendemonstrasikan senam luka diabetik. Senam luka diabetik bertujuan untuk memperbaiki sirkulasi darah, memperkuat otot-otot kecil kaki, dan mencegah terjadinya kelainan bentuk kaki (deformitas). Senam ini tidak hanya ditujukan untuk penderita DM, orang yang tidak sakit juga dapat melakukannya agar memperlancar peredaran darah pada kaki.

Sasaran dalam kegiatan ini adalah keluarga atau penunggu pasien. Respon mereka sangat antusias dan kooperatif dalam kegiatan PKRS ini. Menurut salah satu dari mereka kegiatan ini sangat bermanfaat, sehingga dapat disampaikan ke keluarga terdekat maupun tetangga terkait penjelasan mengenai Diabetes Melitus, serta dapat mempraktekkan senam kaki setiap harinya.

Harapan dari kelompok 10 KMB yaitu semoga ilmu yang disampaikan dapat bermanfaat bagi keluarga maupun pasien untuk tetap waspada terhadap Diabetes Melitus dan mampu mencegah terkena penyakit tersebut. “Semoga sehat selalu” ucapan kami kepada peserta PKRS.

 

Penulis : Mira Faulita, S.Kep (Mahasiswa Profesi Keperawatan Angkatan B24)
Editor: Fadiya Rizkyna Asadanie (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 379