Ajak Penderita Tb Melakukan Breathing Exercise

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 23 Juli 2019

NERS NEWS - Penyakit Tuberculosis masih menjadi permasalahan kesehatan yang perlu untuk dilakukan pencegahan. Terlebih Indonesia termasuk dalam 5 negara dengan beban penyakit Tuberculosis terbanyak (WHO Global Report 2017). Dalam upaya menurunkan masalah TB tersebut, Tim yang terdiri dari dosen dan mahasiswa FKp UNAIR bekerja sama melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Kota Surabaya, tepatnya di Puskesmas Kenjeran, Jl. Tambak Deres No.2, Kecamatan Bulak, Jawa Timur pada Kamis (18/7).

Selain memaparkan edukasi tentang penyakit Tuberculosis, peserta yang terdiri dari Warga, pasien TB, beserta kader juga mendapatkan pelatihan fisik untuk penderita Tuberculosis paru berupa latihan pernapasan yang terdiri dari deap breathing exercise (teknik nafas dalam), pursed lip breathing exercise, coordinated breathing exercise, huff cough exercise dan diaphragmatic breathing exercise. Menurunnya fungsi paru akan menimbulkan beberapa gejala yang dirasakan oleh penderita seperti batuk lebih dari 3 minggu, batuk berdahak, batuk darah, nyeri dada, sesak nafas, demam, keringat malam, malaise, nafsu makan menurun, berat badan menurun. Gangguan pada sistem pernapasan dapat menyebabkan terjadinya perubahan bentuk fisik pada penderita Tb. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalisir permasalahan tersebut adalah dengan melaksanakan Breathing exercise (latihan pernafasan).

Latihan pernapasan selain berguna bagi pasien TB Paru, juga bermanfaat bagi orang yang sehat. Pemateri pengmas, ibu Ika Nur Pratiwi, S.Kep.Ns., M.Kep. yang juga menjadi dosen Keperawatan UNAIR mengajarkan kepada peserta beberapa teknik breathing exercise yang dapat dilakukan oleh semua orang. Ternyata, manfaat yang didapat dari latihan fisik breathing exercise selain mempercepat penyembuhan pasien TB, latihan ini dapat melatih kekuatan otot diafragma hingga menghilangkan stress. Peserta sangat antusias dalam mempraktekan latihan fisik apalagi materi diselingi oleh doorprize dan guyonan ‘menggelitik’ yang membuat materi tidak membosankan.

Penulis: Ika Nur Pratiwi, S.Kep.Ns., M.Kep

Pin It
Hits 83

Terpopuler