Menjadi Salah Satu Delegasi UNAIR dalam Simposium Internasional PPI Dunia 2019

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 23 Juli 2019

NERS NEWS - Untuk menambah wawasan kebangsaan dan menjalin relasi dengan Diaspora Indonesia, empat mahasiswa UNAIR dengan jurusan yang berbeda mengikuti Simposium Internasional PPI Dunia yang ke-11. Simposium ini diadakan oleh Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia yang beranggotakan seluruh pelajar Indonesia di seluruh dunia dan dari berbagai universitas. Indah Azhari (FKp A16) bersama Akhmad Afifudin Al-Anshori (FKH), Arkan Fahrian Putra (FST), dan Nuraini (FF) menjadi delegasi UNAIR dalam simposium tersebut.

Simposium PPI Dunia ke-11 menggagas tema “Inovasi Berkelanjutan sebagai Sumbangsih Pemuda untuk Kemandirian Bangsa”, mendiskusikan isu-isu spesifik yang terkait dengan kebijakan riset, inovasi, dan pendidikan tinggi, tujuan pembangunan berkelanjutan, dan kolaborasi Pelajar Indonesia di Dunia. Diadakan di Universiti Teknologi Malaysia (UTM) Johor Bahru, Malaysia pada tanggal 10-14 Juli 2019. PPI Malaysia sebagai tuan rumah berhasil mendatangkan 260 delegasi yang berasal dari 34 PPI Negara dan 48 BEM Kampus di Indonesia.

Pada pembukaan acara yang digelar di Hall Dewan Sultan Iskandar pada Rabu (10/07) turut hadir beberapa tamu undangan seperti Bapak Mokhammad Farid Ma’ruf, Ph.D. selaku Atdikbud KBRI Kuala Lumpur, Prof. Datuk. Ir. Dr. Wahid Omar selaku Presiden UTM dan Prof. Ismunandar selaku Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Menristekdikti serta beberapa pejabat lain dari UTM dan KJRI Johor Bahru.

Seusai pembukaan peserta dibagi menjadi beberapa kelompok yang kemudian mengikuti diskusi panel dengan beberapa tema pembahasan diantaranya; Peran Pendidikan Riset, Peran Industri Kreatif dan Pariwisata, Peran Pemerintah Daerah, Peran Teknologi dan Energi Terhadap Inovasi Berkelanjutan di Indonesia.

Sebagai bentuk perhatian dan kontribusi mahasiswa untuk masa depan Indonesia, Pusat Kajian PPI Dunia mengadakan sidang komisi yang meliputi beberapa bidang kajian, diantaranya : Ekonomi, Sosial Budaya, Energi, Kesehatan, dan Pendidikan. Dari sidang ini dihasilkanlah beberapa rekomendasi inovasi yang nantinya diajukan pada Pemerintah Indonesia.

Pada Penutupan, Minggu (14/07) Roy Suwanto selaku Ketua Pelaksana Simposium ke-11 mewakili seluruh panitia dari PPI Malaysia mengucapkan terima kasih kepada seluruh delegasi yang hadir dan berharap ilmu yang didapatkan saat Simposium dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh delegasi PPI Negara, BEM Universitas, juga mahasiswa dari Universitas di Indonesia.

Penulis: Indah Azhari

Pin It
Hits 166

Terpopuler