Pengabdian Masyarakat di Kab. Lamongan

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 01 Agustus 2019

Tingginya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang terjadi di masyarakat khususnya di kabupaten Lamongan menuntuk semua pihak untuk memiliki pengetahuan yang mumpuni mengenai DBD. DBD merupakan penyakit yang sering terjadi pada daerah tropis termasuk pada daerah yang terdapat hutan tropis. Masyarakat dituntut untuk lebih waspada terkait penyakit ini dan mampu melakukan tindakan pencegahan dan penanganan awal pada warga yang terkena DBD.

Fakultas Keperawatan bekerjasama dengan Puskesmas Sambeng melakukan kegiatan penyuluhan kepada warga masyarakat Desa Barurejo Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan terkait demam berdarah dengue. Pemateri, Ibu Laily Hidayati, S.Kep., Ns., M.Kep. memberikan pemaparan mengenai pengetahuan umum yang harus dipahami oleh masyarakat misalnya penyebab, tanda dan gejala, penularan, pengobatan dan bagaimana upaya pencegahan yang harus dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah berkembangnya nyamuk DBD.

Penyuluhan ini selain memberikan informasi mengenai demam berdarah dengue juga memberikan penekanan pada upaya pencegahan melalui gerakan PSN 3M Plus. Masyarakat dihimbau untuk melakukan pencegahan misalnya dengan menutup tempat penampungan air, menguras tempat penampungan air dan mengubur barang bekas yang ditambahkan dengan menghindari gigitan nyamuk, menggunakan obat nyamuk dan memakai obat nyamuk.

Upaya pencegahan lain yang menjadi perhatian dalam kegiatan ini adalah peningkatan kesadaran masyarakat mengenai pemantauan jentik nyamuk di tempat – tempat yang bisa menjadi sarang nyamuk dan penanaman tanaman yang mampu untuk mengusir nyamuk misalnya serai, lavender dan lain – lain. Peserta penyuluhan dijelaskan mengenai manfaat menanam tanaman pengusir nyamuk, seperti tanaman serai dan lavender yang mudah sekali diperoleh di masyarakat. Dalam kesempatan tersebut, Ibu Laily Hidayati mewakili Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga turut menyerahkan puluhan bibit tanaman lavender kepada perwakilan warga dan karang taruna setempat sebagai langkah awal untuk menggalakkan penanaman pohon pengusir dan pencegah gigitan nyamuk. Secara keseluruhan, kegiatan yang dilakukan oleh Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan masyarakat dalam penanggulangan DBD.

Penulis: Arina Qona’ah, S.Kep.,Ns., M.Kep.

Pin It
Hits 54

Terpopuler