Metode pembelajaran workshop di La Trobe University dalam kegiatan staff exchange program

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 05 Agustus 2019

NERS NEWS - Pada hari ke-9 staff exchange fulltime program, tepatnya tanggal 5 Agustus 2019, kami mendapatkan kesempatan mengikuti workshop pada mata kuliah Nursing Health Priorities B bagi mahasiswa bachelor of nursing . Mata Kuliah ini menjelaskan tentang  penerapan  prinsip-prinsip patofisiologi dan pemeriksaan diagnostik  untuk individu yang mengalami nyeri kronis, kanker, ginjal, muskuloskeletal, dan penyakit gastrointestinal.

Dalam metode workshop, mahasiswa dalam 1 kelas dibagi menjadi 4 kelompok kecil, dengan tiap kelompok sebanyak 5-6 mahasiswa. Mahasiswa telah mendapatkan modul panduan workshop secara online sebelumnya sehingga media pembelajaran menggunakan laptop masing masing selama workshop. Pembelajaran diawali dengan penyajian contoh kasus pasien dengan masalah gastrointestinal disertai data pengkajian fisik fokus. Selanjutnya mahasiswa menelaah berdasarkan  data yang ditampilkan, dan diminta untuk berfikir kritis kemungkinan penyakit yang dialami oleh pasien, bagaimana patofisiologinya serta pemeriksaan penjunjang apa yang diperlukan. Pembahasan menyesuaian pertanyaan yang terdapat di dalam modul yang telah dimiliki mahasiswa.  Tiap  mahasiswa akan berdiskusi  di dalam kelompok masing masing untuk membahas pertanyaan dalam modul. Lecture akan melakukan monitor diskusi setiap kelompok dan membahasnya.

Metode pembelajaran workshop telah secara umum diterapkan di La Trobe University. Metode ini sangat baik untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan pengambilan keputusan. Mahasiswa juga dituntut untuk dapat aktif dalam kelompoknya, dengan kemampuan tentang topik tersebut sebelum memulai perkuliahan di kelas. Pertemuan selanjutnya mata kuliah ini pada minggu depan akan dilanjutkan dengan  simulasi di laboratorium.

Penulis: Dr. Mira Triharini, S.Kp., M.Kes.

Pin It
Hits 62

Terpopuler