Pengembangan Kerjasama Tata Kelola Riset dan Publikasi

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 15 Agustus 2019

NERS NEWS - Seringkali ukuran kemajuan suatu bangsa diukur dari kualitas pendidikan tinggi di suatu bangsa, hal ini sudah tidak bisa kita elakkan lagi terutama di era revolusi industri 4.0 ini. Era industri 4.0 ini mendorong tiap universitas di berbagai belahan dunia menjadi yang terbaik di negara masing-masing dan global dengan mengacu pada ranking global atau World Class University. Di era pencapaian indikator World Class University (WCU) khususnya peningkatan kualitas riset dan publikasi, maka diperlukan upaya strategis dan terukur untuk mendukung pencapaian ini. Indikator yang masih menjadi tantangan berat bagi komunitas keperawatan khususnya adalah Citations per faculty (an indication of research impact) yang menyumbang angka 20% dari 6 indikator Quacquarelli Symonds (QS). Lembaga pemeringkat universitas dunia yaitu QS ini masih memandang kutipan per peneliti/dosen di suatu institusi sebagai refleksi dari dampak atau kualitas kegiatan penelitian yang dilakukan.

Kualitas, kualitas dan sekali lagi kualitas riset dan dampaknya yang menjadi fokus pengembangan kerjasama kali ini dengan mengunjungi kolega di Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Universitas Padjadjaran. Kunjungan kali ini dilakukan oleh wakil dekan I Fakultas Keperawatan Unair, Dr. Kusnanto, SKp., M.Kes dan koordinator riset, publikasi dan pengabdian masyarakat  Fakultas Keperawatan Unair Ferry Efendi, S.Kep.Ns., MSc., PhD. Tim Fakultas Keperawatan Unair disambut hangat oleh dekan FIK Unpad yaitu Ibu Henny Suzana Mediani, S.Kp., M.Ng.,Ph.D beserta tim akademik, riset dan kerjasama. Gayung bersambut, FIK Unpad juga memandang perlunya kerjasama antar institusi pendidikan keperawatan khusus dalam membangun excellence on research. Tim sependapat bahwa meningkatkan peringkat institusi pendidikan keperawatan dalam peringkat QS-WUR merupakan upaya maraton yang harus dilakukan bertahap, terstruktur dan sistematik. Oleh sebab itu dalam waktu dekat akan dilakukan upaya konkret untuk mendorong pencapaian target QS-WUR ini.

Fokus pada agenda sitasi, perbaikan tata kelola visibilitas naskah serta kerjasama pelaksanaan riset yang berkualitas menjadi komitmen kami dalam kunjungan hari ini. Semoga ikhtiar ini membuahkan hasil yang bisa dilihat dalam waktu dekat. Mari baktikan diri dan Bangun negeri dengan bersama-sama menuju WCU.

Penulis: Ferry Effendi, S.Kep.Ns., M.Sc., Ph.D

Pin It
Hits 161

Terpopuler