INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Panggilan Kemanusiaan: GENCORPS Unair jadi Garis Depan dalam Misi Darurat di RSUA Surabaya

  • By Alina Ramadani
  • In Ners News
  • Posted 15 April 2024

NERS NEWS – (22/03/2024) Kota Surabaya dikejutkan oleh gempa bumi yang mengguncang, menyebabkan kerusakan pada beberapa bangunan, termasuk Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) Surabaya. Gempa tersebut meninggalkan jejak kerusakan di gedung rumah sakit dan mengancam keselamatan pasien serta staf yang berada di dalamnya. Pihak RSUA memberikan arahan untuk mengevakuasi pasien, memastikan bahwa pasien dipindahkan ke tempat yang lebih aman di halaman rumah sakit, menghindari kemungkinan bahaya akibat gempa susulan.

Green Nursing Corps (GENCORPS) dari Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Unair) tidak ragu untuk menyatakan kesiapannya dalam menghadapi situasi darurat. Dalam momen yang membutuhkan tindakan cepat dan koordinasi yang efisien, GENCORPS muncul sebagai garda terdepan dalam memberikan bantuan dan dukungan kepada staf rumah sakit dan pasien yang terkena dampak. Dengan cepat, 17 anggota GENCORPS diterjunkan ke RSUA Surabaya untuk menjadi relawan. Dengan dibagi menjadi 3 tim, menjadikan proses evakuasi lebih terkoordinasi.

“Dari kita dibagi menjadi 3 tim, ada tim ICU, IGD, dan IRNA. Pengalaman aku waktu itu, bantu lepas infus pasien yang akan pulang, pasang EKG ke pasien di ICU,” jelas Aura Nirmala, salah satu anggota relawan GENCORPS.

Aura juga menambahkan, “Kita juga kumpul sama HIPGABI dan diberi arahan oleh mereka. Ada juga dari kita yang di bagian dalam ruangan, kita bantu koordinasi data pasien dan dengan relawan lain.” Dimana diketahui bahwa GENCORPS juga memiliki anggota yang merupakan bagian dari HIPGABI.

“Kita hectic di waktu evakuasi mindahin pasien, ada yang dari lantai bawah sampai lantai 6. Pengalaman ini baru pertama kali jadi relawan, dapat belajar banyak juga dari sini,” tambah Ali, anggota termudah GENCORPS.

Pengalaman GENCORPS ini adalah contoh nyata dari semangat kebersamaan, kemanusiaan, dan solidaritas. Membuktikan bahwa kekuatan kolaborasi dan kepedulian dapat membawa perubahan yang dalam situasi darurat.

 

Penulis : Ellyta Tricahya Pramudita (Green Nursing Corps)
Editor : Alina Ramadani (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 130