INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Pendakian Gunung Penanggungan dan Penanaman Pohon Bersama GEN Corps melalui Kegiatan G-Action sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 20 May 2024

NERS NEWS - Pada hari Sabtu, 27 April 2024, GEN Corps mengadakan kegiatan seru bernama G-Action yang dilakukan dengan mengajak kolaborasi dengan peserta dari luar kampus. Kegiatan ini berupa hiking beserta penanaman pohon di Gunung Penanggungan, Mojokerto. Tujuan kegiatan ini tidak hanya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, tetapi juga mempererat tali persaudaraan antar anggota organisasi.

Sejak pagi hari, peserta yang berjumlah sekitar 50 orang sudah berkumpul dengan semangat di Fakultas Keperawatan sebagai titik awal keberangkatan. Setelah perjalanan selama kurang lebih 2,5 jam menuju Gunung Penanggungan, kegiatan dimulai dengan sarapan terlebih dahulu yang sebelumnya sudah disiapkan oleh panitia. Kemudian diadakan briefing dan pengarahan yang dilakukan oleh petugas dari Gunung Penanggungan. Beliau mengingatkan pentingnya peran setiap individu dalam menjaga kelestarian gunung dan memberikan arahan mengenai pendakian yang benar.

Perjalanan hiking yang cukup menantang namun menyenangkan dimulai pada pukul 11.00 WIB dengan dibagi menjadi 4 kelompok. Jalur yang ditempuh memberikan pengalaman berharga dengan pemandangan alam yang indah dan udara segar. Tak lupa, peserta juga diajak untuk menjaga kebersihan jalur dengan memungut sampah yang ditemui sepanjang perjalanan. Setibanya di lokasi pendirian tenda (pos bayangan), peserta menikmati makan malam bersama sambil beristirahat. Suasana kebersamaan sangat terasa, dengan canda tawa dan cerita pengalaman selama pendakian yang mengalir.

Keesokan harinya dilakukan penanaman pohon di sekitar pos bayangan. Masing-masing peserta membawa bibit pohon yang telah disiapkan untuk ditanam di tempat yang sudah panitia siapkan sebelumnya. Semangat kebersamaan terlihat saat setiap peserta menanam bibit pohon dengan penuh antusias. Tak lupa pemberian label nama GEN CORPS pada setiap bibit yang ditanam sebagai kenang-kenangan.

Kegiatan hiking dan penanaman pohon ini tidak hanya berhasil menanam kembali pohon, tetapi juga berhasil menumbuhkan semangat peduli lingkungan di kalangan peserta. “Kami berharap kegiatan serupa seperti G-Action ini dapat dilakukan secara rutin untuk terus mendukung upaya pelestarian lingkungan oleh mahasiswa lainnya.” ujar Miftah, salah satu peserta dari luar Unair.

 

Penulis : Maulidya Dwi Prameswari
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 132