INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Kolaborasi Team Finland Knowledge (TFK) dengan Fakultas Keperawatan Unair dalam Staff and Students Mobility Program in Finland

  • By Alina Ramadani
  • In Ners News
  • Posted 29 May 2024

NERS NEWS - Fakultas Keperawatan Unair telah mengirim Dr. Rizki Fitryasari PK, S.Kep., Ns., M.Kep. dan Ika Nur Pratiwi, S.Kep., Ns., M.Kep. selaku staf, Kusnul Chotimah, S.Kep., Ns., (Mahasiswa S2) dan Fadlyn Attina Jatmiko (Mahasiswa S1) dalam Staff and Students Mobility Program in Finland pada 11 Mei – 21 Mei 2024. Program ini merupakan bentuk implementasi dari kerja sama antara Karelia University of Applied Sciences dan Metropolia University of Applied Sciences dengan Universitas Airlangga yang disebut “Care4world” dan memiliki tujuan untuk mengembangkan ide maupun inovasi antar perguruan tinggi terutama dalam aspek kesehatan di bidang keperawatan.

Pada tiga hari pertama, staf berada di Metropolia University of Applied Sciences, Helsinki untuk penyambutan, mengikuti International Staff Week Events, dan diskusi mengenai “Care4world” bersama Aija Ahokas dan Eija Raatikainen selaku Tim TFK dari Metropolia UAS. Setelah itu staf berkesempatan datang ke Karelia University of Applied Sciences di Joensuu untuk melakukan diskusi panel dengan Ellina Turunen selaku staf dari Karelia UAS, menghadiri Super Nurses Event, kunjungan ke rumah sakit dan ditutup dengan rapat bersama Kirsi Tanskanen dan Savolainen Mari selaku Tim TFK dari Karelia UAS.

Sedikit berbeda dengan agenda dari para staf, mahasiswa melakukan kegiatan di Karelia UAS, Joensuu sejak hari pertama. Diawali dengan penyambutan, pengenalan lingkungan kampus dan Joensuu City Tour ditemani oleh students tutor dari Karelia UAS. Mahasiswa juga mengikuti Skills Lab : A Day in Hospital, kunjungan ke Mental Health Center dan Palliative Care, serta mendapatkan kesempatan langsung untuk merasakan pembelajaran keperawatan menggunakan Simulation Room.

Dalam rangkaian program ini Karelia UAS memiliki agenda Managerial International Competence Seminar yang diikuti oleh staf dan mahasiswa dari Unair, staf dari Denmark, UK, Norwegia dan mahasiswa S2 dari Karelia UAS. Kegiatan terakhir di Karelia UAS adalah Super Nurses Event yaitu acara tahunan yang dilaksanakan kampus tersebut untuk memperingati International Nurses Day. Acara tersebut sangat menyenangkan dan tidak membosankan karena terdapat kompetisi dan pameran di dalamnya.

Program ini tentu membawa banyak perubahan tidak hanya bagi individu, melainkan bagi tuan rumah maupun Unair sendiri. Dengan mengikuti Staff and Students Mobility Program in Finland secara tidak langsung memberikan banyak sudut pandang terutama dalam bidang kesehatan. “Harapannya segala hal positif disini yang belum dimiliki Unair dapat diterapkan secepat mungkin sebagai salah satu bentuk pengembangan kualitas dan semoga program ini akan terus berjalan sebagaimana mestinya dengan inovasi terbaru,” ujar Kusnul Chotimah selaku Mahasiswa S2.

 

Penulis : Fadlyn Attina J (Mahasiswa S1, FKp Unair)
Editor : Alina Ramadani (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 175