INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Prestasi Gemilang: Tim SYDO dari Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Raih Medali Silver di FAPERTA FAIR 5

  • By Anindya Putri Ravina
  • In Ners News
  • Posted 30 May 2024

NERS NEWS - Bali, 20 Mei 2024. Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga berhasil meraih medali silver dalam ajang lomba esai nasional FAPERTA FAIR 5 yang diselenggarakan di Bali. Kompetisi bergengsi ini mengusung berbagai sub tema, salah satunya adalah kesehatan, di mana mahasiswa tersebut menunjukkan kemampuan dan pengetahuannya yang luar biasa.

Ajang FAPERTA FAIR 5 dihadiri oleh peserta dari berbagai universitas ternama di Indonesia, menjadikannya kompetisi yang sangat kompetitif dan prestisius. Tim SYDO yang beranggotakan tiga mahasiswa Fakultas Keperawatan, yaitu Endah Nabila Sutrisno Putri sebagai ketua tim, serta dua anggota lainnya, Ade Irma Puspita Sari dan Carista Dea Ammelia, berhasil meraih medali silver dengan esai berjudul “SYDO-TALK: Inovasi Aplikasi Edukasi Terintegrasi sebagai Alternatif Terapi Wicara pada Anak Down Syndrome”. Esai ini mengangkat isu penting tentang bagaimana inovasi teknologi dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan anak-anak dengan Down Syndrome.

Dalam esainya, tim SYDO menguraikan berbagai manfaat dari aplikasi edukasi terintegrasi untuk terapi wicara, termasuk kemudahan akses bagi orang tua dan anak, peningkatan efektivitas terapi, dan bagaimana teknologi ini dapat menjadi alternatif yang terjangkau dan efisien. Mereka juga menyoroti pentingnya edukasi dan dukungan bagi orang tua dalam mengimplementasikan terapi wicara yang berkelanjutan di rumah.

Endah Nabila Sutrisno Putri menyatakan, “Kami sangat bangga dan bersyukur bisa membawa nama baik Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga dalam ajang ini. Kami berharap esai ini bisa menginspirasi lebih banyak orang untuk peduli terhadap inovasi dalam terapi wicara bagi anak-anak dengan Down Syndrome dan bagaimana teknologi dapat berperan dalam meningkatkan kualitas hidup mereka.”

Keberhasilan ini merupakan bukti nyata dari dedikasi dan kerja keras mahasiswa Fakultas Keperawatan dalam mengembangkan pengetahuan mereka tidak hanya di bidang keperawatan, tetapi juga dalam isu-isu interdisipliner yang relevan dengan kesehatan masyarakat. Lomba esai nasional FAPERTA FAIR 5 ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga platform penting untuk berbagi pengetahuan dan inovasi di berbagai bidang, termasuk kesehatan. Semoga prestasi yang diraih oleh tim SYDO dapat terus memacu semangat mahasiswa lainnya untuk berinovasi dan berprestasi.

 

Penulis: Putri Sari
Editor : Anindya Putri Ravina (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 159