Dosen Fakultas Keperawatan Unair memberikan kulliah tamu dan seminar di Ritsumeikan University Jepang

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 16 Oktober 2019

NERS NEWS - Selama seminggu mulai dari tanggal 7-11 Oktober 2019, dosen Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Ferry Efendi, S.Kep.Ns., MSc., PhD mengikuti kegiatan visiting fellow di Graduate School of Policy Science, Ritsumeiken University, Jepang.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan riset migrasi perawat internasional yang dilakukan oleh Prof Hisaya Oda beserta tim dari berbagai negara. Profesor yang memang menggeluti isu migrasi Perawat internasional sedang melaksanakan riset migrasi Perawat di negara New Zealand, Australia, United Arab Emirat dan juga Indonesia. Untuk area Indonesia, beliau mengajak kerjasama Ferry Efendi, PhD untuk melihat keinginan migrasi mahasiswa keperawatan Indonesia terutama ke Jepang. Luaran Utama dari hasil riset ini adalah publikasi internasional di jurnal internasional terindeks Scopus atau Claryvate Analytics.

Ketika di Jepang, penulis berkesempatan melihat langsung proses pembelajaran di Universitas Ritsumeikan Jepang dan bertemu langsung dengan Penerima beasiswa asal Indonesia dari berbagai macam sumber pendanaan. Selain itu, penulis berkesempatan mengisi kuliah tamu dengan topik analisis data sekunder Survei Demografi Kesehatan Indonesia di kelas pasca sarjana. Acara dilanjutkan dengan seminar internasional mengenai pendayagunaan Perawat pasca migrasi ke luar negeri. Seminar tersebut dihadiri oleh civitas akademika Universitas baik dosen ataupun mahasiswa. Diskusi menarik terkait dengan keberlanjutan program penempatan Perawat Indonesia dengan skema bilateral terjadi baik dari perspektif negara pengirim maupun negara tujuan. Diskusi diakhiri dengan memberikan beberapa rekomendasi terkait retensi Perawat Indonesia yang ada di Jepang beserta agenda riset di 2020.

Program visiting fellow ini memberikan kesempatan bagi penulis untuk lebih banyak belajar dan memahami isu migrasi Perawat Indonesia ke luar negeri dari berbagai macam sudut pandang disiplin ilmu. Ke depan, kolaborasi antar bidang ilmu akan semakin didorong guna menghasilkan riset yang lebih bagus dan bermanfaat.

Penulis: Ferry Efendi, S.Kep.Ns., MSc., PhD.

Pin It
Hits 348

Terpopuler