Model Pembelajaran yang Inovatif dengan Table Top

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 29 Oktober 2019

NERS NEWS - Mahasiswa Program Studi Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga dibekali kemampuan dalam penanganan bencana pada semua fase dengan metode pembelajaran yang inovatif yaitu Table Top. Hal tersebut merupakan pembelajaran dari Mata Kuliah Keperawatan Bencana yang diampu oleh Ibu Dr. Yulis Setiya D, S.Kep.,Ns.,M.Ng.

Metode pembelajaran yang digunakan pada proses belajar mengajar ini adalah discovery learning yang memanfaatkan media Table Top. Mahasiswa diberi kebebasan melakukan telusur materi dan bahan sesuai topik yang diberikan kemudian mengembangkan skenario kejadian bencana dan penanganannya. Di moderatori langsung oleh fasilitator mahasiswa menyajikan simulasi penanganan bencana dengan menggunakan media Table Top, mahasiswa terlihat sangat bersemangat, interaktif, dan atraktif, mahasiswa melakukan ekstrapolasi kejadian bencana di berbagai wilayah. Table top yang disiapkan sangat inovatif, dimana mereka memanfaatkan peralatan yang cukup sederhana namun sangat mirip dengan kondisi nyata di lapangan sehingga bisa memvisualisaikan gambaran kejadian bencana yang nyata. Hal ini bisa memberikan pembelajaran bagi audien dan mampu meningkatkan pemahaman secara sistematis, komprehensif dan sangat jelas. Pada saat presentasi mahasiswa mensimulasikan kejadian bencana dengan menjelaskan secara detail dan rinci tentang proses penanganan bencana pada fase incident, meliputi antara lain: definisi bencana, penyebab, penetapan status bencana, penetapan zona bencana, pembagian tugas dan wewenang para penolong, pencarian dan penyelamatan, penetapan assembly point (titik kumpul), triage & treatment sesuai masalahnya, evakuasi dan rujukan, sistem pendokumentasian standar pada saat bencana

Tujuan dari metode pembelajaran ini adalah untuk memudahkan mahasiswa memahami seluruh capaian pembelajaran mata kuliah Keperawatan Bencana. Kemudian, metode yang sudah diimplementasikan sejak tahun 2016 ini sangat efektif dilakukan di Program Studi Keperawatan Fakultas Keperawatan UNAIR.

Penulis: Airlangga Nursing Journalist (ANJ)

Pin It
Hits 189

Terpopuler