Merangkul Remaja Putri dalam Project Based Learning “Cermati Haid” (Cegah Risiko Masalah Terkait Haid)

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 29 Oktober 2019

NERS NEWS - Sebagian  remaja di  Indonesia berisiko  memiliki  perilaku yang tidak sehat  berhubungan dengan sistem reproduksi.  Terbatasnya  akses informasi  tepat  tentangkesehatan reproduksi   yang didapatkan   oleh remaja  karena  situasi sosial budaya   menganggap sebagai  sesuatu yang tabu. Misalnya mitos yang menimbulkan kesalahpahaman mempengaruhi  perilaku remaja  putri  dalam  kebersihan organ reproduksi  saat  mengalami haid (menstruasi) sehingga dapat meningkatkan risiko infeksi dan masalah  kesehatan.  Berdasarkan pertimbangan tersebut  mahasiswa  S1 Fakultas Keperawatan Unair  melaksanakan  Project Based Learning (PJBL) di luar lingkungan kampus  dengan sasaran Siswi  Remaja Putri  di SMPN Negeri 45  Surabaya.

Setelah koordinasi dan  mendapat  sambuatan  baik dari pihak sekolah  kegiatan PJBL dengan tema  CERMATI HAID (Cegah Resiko dan Masalah Terkait Haid)  dilaksanakan pada  Hari Rabu, 16 Oktober 2019  Pukul  10.00 di Aula sekaligus  Mushola  sekolah didampingi oleh ibu Ni Ketut Alit Armini, S.Kp.,MKes selaku tim dosen  Keperawatan Maternitas, dan  Bagian Kesiswaan  sekolah. Tujuan kegiatan untuk meningkatkan kesadaran siswi remaja putri  tentang pentingnya menjaga kebersihan organ reproduksi ketika  haid (menstruasi) dan sarana edukasi untuk mencegah resiko lain terkait haid.  Kegiatan berlangsung  meriah di  sela-sela  suasana  yang hangat. Dilaksanakan pre-post test, pemutaran video,  penyampaian materi  tentang  personal hygiene  saat haid  oleh perwakilan mahasiswa, dan  kuis  mitos atau fakta tentang kesehatan reproduksi.    Sebanyak 52 orang perwakilan siswi  yang hadir  terlihat   antusias  mengikuti  rangkaian kegiatan diselingi dengan  dengan  jargon yang sudah disiapkan oleh  panitia mahasiswa.

Banyak  pertanyaan dan klarifikasi yang disampaikan oleh para siswi terkait kesehatan  reproduksi khususnya  personal hygiene saat menstruasi. Acara ini diharapkan  dapat menjadi edukasi yang berkelanjutan  bagi setiap siswi yang beranjak remaja lebih peduli terhadap kebersihan organ reproduksi dan cermat atas pencegahan resiko yang mungkin terjadi. Mahasiswa S1 Fakultas Keperawatan Unair dapat bekerjasama, membangun nilai kemanusiaan yang mencerminkan kepekaan sosial, mengasah  kemampuan  dalam menampilkan peran perawat  pada kegiatan promotif dan preventif  masalah kesehatan.

Penulis: Mia Ayu

Pin It
Hits 201

Terpopuler