Diklatsar GenCorps 2019

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 27 November 2019

NERS NEWS - (25/11/2019) Tanggal 22 -  24 November 2019 lalu, GENCORPS mengadakan kegiatan diklatsar tahap ekstra. Diklatsar merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk mengkader anggota-anggota baru di suatu organisasi. Kegiatan ini dilaksanakan di Prigen, Jawa Timur. Panitia yang berpartisipasi dalam kegiatan diklat ini ada 45 orang.

Diklat ekstra ini merupakan acara puncak dari rangkaian kegiatan diklatsar GENCORPS. Sebelumnya ada kegiatan intra dan zygot. Intra berisi tentang materi yang akan diaplikasikan pada diklat ekstra. Mulai dari materi dasar yaitu tentang Gencorps itu sendiri sampai materi SAR. Sedangkan zygot merupakan tahap perkenalan peserta diklat dengan para anggota yang lebih tua serta para alumni.

Sebelum berangkat ke tempat tujuan diklat ekstra, ada apel pembukaan yang dilaksanakan di TDC. Apel dihadiri oleh para alumni dan berlangsung dengan khidmat

Dr. Kusnanto, S. Kep, M. Kes selaku pembina menyampaikan, "Kegiatan yang kalian lakukan disana nanti anggap sebagai pembelajaran untuk kalian. Jaga selalu kekompakan kalian".

Kegiatan diklat ekstra ini telah dipersiapkan matang oleh panitia. Menurut keterangan dari Niken Rohdiyah selaku penanggung jawab diklat, persiapan telah dilakukan sejak bulan April. Mulai dari pembentukan panitia dan survey tempat. Survey tempat untuk diklat ekstra ini dilakukan sejak bulan Mei dan dilakukan sebanyak empat kali.

Selain itu, panitia juga melakukan persiapan untuk peserta diklat itu sendiri. Tidak hanya fisik tapi juga pembekalan materi. Fisik peserta dilatih melalui latihan fisik yang dibimbing oleh panitia. Untuk pembekalan materi, peserta diajari hal mendasar tentang materi aplikasi yang terdiri dari PPGD, tandu dan evakuasi, navigasi darat, membangun bivak, survival, serta SAR. Selain itu, ada juga materi kepemimpinan, negosiasi, dan prinsip packing.

Dalam tahap diklat ekstra ini, materi yang telah diberikan, diaplikasikan oleh peserta. Tujuannya adalah untuk mengevaluasi kemampuan peserta yang telah diberikan materi selama diklat intra. Materi yang diberikan juga bermanfaat untuk profesi peserta kedepannya yang merupakan seorang perawat. Selain itu, tujuannya adalah untuk memberikan dasar-dasar pendidikan bagi peserta agar sesuai dengan visi dan misi GENCORPS.

Niken Rohdiyah selaku penanggung jawab diklat dan perwakilan panitia mengatakan, "Diharapkan peserta yang lulus diklat ini dapat menjadi generasi penerus GENCORPS yang sesuai dengan filosofi GENCORPS, yaitu loyality, brotherhood, never give up, teamwork untuk menggapai one goal, serta dapat menjadi perawat yg profesional dan siap diterjunkan dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun sesuai dengan visi GENCORPS"

Penulis: Risky Nur Marcelina

Pin It
Hits 78

Terpopuler