Pemberdayaan Masyarakat Melalui “Pocariso Village” (Production of Catfish and Tourism of Soso Village) di Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto Berbasis Kearifan Lokal

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 16 Desember 2019

NERS NEWS - Dusun Soso Desa Cepokolimo Kecamatan Pacet merupakan daerah binaan mahasiswa FKp UNAIR yang telah berlangsung selama 1 tahun. Masyarakat dusun Soso sangat religius sebab di dukung oleh adanya pondok pesantren Nurul Hikmah. Seluruh lapisan masyarakat menjalankan aktivitas keagamaannya di pondok tersebut. Ibarat setangkup dua uang kedua elemen ini tidak dapat dipisahkan. Sangat disayangkan kondisi perekonomian masyarakat dusun Soso tidak secemerlang budaya religiusnya. Terhitung oleh Kecamatan setempat yaitu Kecamatan Pacet, dari 289 KK di dusun tersebut atau sebanyak 985 orang ditemukan masyarakat miskin sebanyak 289 orang / 40 KK dalam perhitungan prosentase sebesar 30%. Ragam pekerjaan di desa tersebut adalah petani, pedagang kecil-kecilan dan penjaga villa sehingga tidak mampu mendapatkan penghasilan lebih. Rata-rata penghasilan masyarakat adalah Rp. 750.000/bulan. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat pemberdayaan dengan pembudidayaan lele dan pembuatan produk olahan dari lele alhasil dapat meningkatkan status perekonomian masyarakat setempat serta membuat masyarakat menjadi mandiri dalam pengelolaan perekonimian. Pemberdayaan ikan lele dan pengolahan yang tepat dapat menjadi suatu penghasilan baru masyarakat setempat.

Guna menunjang produksi olahan, masyarakat binaan telah diberikan bantuan alat vakum sealer dan alat press, sehingga produk olahan tersebut dapat dikemas dengan aman. Hasil budidaya lele dapat dijadikan produk olahan berupa bakso ikan, bakso goreng, stik, krupuk, dan  abon yang dapat meningkatkan nilai ekonomi masyarakat setempat.

Penulis: Dr. Kusnanto, S.Kp., M.Kes.

Pin It
Hits 256

Terpopuler