FKp Unair Memperkenalkan LIHAT

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 16 Desember 2019

NERS NEWS - Pada kesempatan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Populer di Media Massa Bagi Civitas Academica Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (FKp Unair) hari Kamis, 12 Desember 2019 lalu, secara resmi diperkenalkan juga mengenai LIHAT, sebuah halaman atau kanal baru yang terintegrasi dengan Website Ners Unair.

Dalam pemaparannya, Bapak Dimas Dwi Arbi, S.Kom menjelaskan kalau LIHAT itu merupakan akronim dari Literasi Hidup Sehat. Selain itu, kata LIHAT atau Melihat, memiliki makna leksikal yang sesuai dengan tujuan pembentukan halaman baru ini, yaitu: Menggunakan mata untuk memandang (memperhatikan); mengetahui; membuktikan; menilik; dan meramalkan. “Kata LIHAT juga memberi rasa penasaran pada pengunjung wesbite Ners Unair, sehingga mereka akan klik dan melihat, ada apa di sana?” jelas pengelola sistem informasi FKp Unair tersebut.

Di hadapan lebih dari 150-an Mahasiswa prodi Magister dan Doktoral serta Dosen FKp Unair yang memadati Ruang Florence, Pak Dimas melanjut penjelasannya tentang tujuan dan cara memanfaatkan media baru tersebut.

LIHAT sengaja dibuat untuk menjadi wadah bagi civitas academica FKp Unair dalam menuang ide/gagasan/pandangan/pendapat atau apapun sebutannya, lewat tulisan ilmiah populer yang bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat. “Misalnya saja, kan kalau masyarakat awam terkenal luka bakar, biasanya ditaruh macam-macam. Odol, kecap, dan lain-lain. Itu kan keliru, ya? Nah, sebagai perawat, Bapak/Ibu bisa berbagi informasi praktis seperti itu kepada masyarakat lewat media ini,” terang Pak Dimas lebih lanjut.

Selain itu, kehadiran LIHAT juga merupakan bentuk tindak lanjut dari workshop penulisan artikel ilmiah populer yang menghadirkan dua narasumber berkompeten dalam bidang tulis menulis. Ada Pak Agus Muttaqin salah seorang redaktur opini media Jawa Pos dan Bapak Dr. Suko Widodo selaku kepala Pusat Informasi dan Humas (PIH) Unair.

“Setelah diberi pelatihan tadi, tentunya Bapak/Ibu akan mulai berlatih menulis. Karena masih tahap latihan, silakan memanfaatkan media LIHAT ini sebagai tempat publikasi. Bila tulisannya nanti berkualitas, bukan tidak mungkin akan masuk ke media massa besar seperti News Unair dan Jawa Pos,” lanjut Pak Dimas.

Untuk mengakses halaman LIHAT ini juga terbilang mudah. Begitu sudah masuk di Website Ners Unair, perhatikan beberapa poster yang terletak di sisi Kanan bawah. Bila menemukan poster yang betuliskan LIHAT, arahkan kursor di atasnya, kemudian klik, maka kita akan masuk ke halaman LIHAT. Di sana, sebagai pusat Literasi Hidup Sehat, akan menjadi tempat koleksi berbagai tulisan yang bersifat promotif dan preventif.

“Bapak/Ibu semuanya diharapkan untuk berkontribusi menulis di sana. Caranya juga mudah. Di dekat poster yang bertuliskan LIHAT tadi, ada poster lain yang bertuliskan: Ayo Kita Menulis. Klik pada poster tersebut, maka Anda akan diarahkan pada informasi tentang ketentuan menulis di halaman LIHAT. Ikuti saja petunjuknya, kami tunggu tulisan terbaik Anda semua,” demikian ajakan Pak Dimas sekaligus mengakhiri penjelasannya.

Penulis: Saverinus Suhardin (Mahasiswa Magister Keperawatan)

Pin It
Hits 336

Terpopuler