Pengembangan UKS oleh Mahasiswa Profesi Ners FKp UNAIR

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 27 Desember 2019

NERS NEWS - Kegiatan UKS yang dilakukan pada hari Sabtu, 14 Desember 2019 di SD Raden Paku Klampis Ngasem Surabaya oleh Mahasiwa Profesi Keperawatan UNAIR Stase Keperawatan Komunitas dan Keperawatan Keluarga Periode 2 yang bertema “Ners Muda Peduli Sesama”. Kegiatan UKS tersebut meliputi penyuluhan kesehatan tentang persiapan menstruasi dan pencegahan DBD dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) serta manajerial UKS dengan sistem (Small Group Discussion) SGD dengan pembina UKS SD Raden Paku.

Pendidikan kesehatan dilakukan kepada siswa/siswi kelas 4, 5 & 6 SD yang dianggap sudah mampu menerima materi, selain itu materi tersebut merupakan materi dasar yang terangkum dalam buku panduan UKS yang diterbitkan oleh Kemenkes bekerja sama dengan Kemendikbud. Kegiatan pendidikan PSN dilakukan oleh Aty Genakama, S.Kep dan Persiapan Menstruasi disampaikan oleh Nova Anika, S.Kep. Kegiatan tersebut dilakukan dengan penyampaian materi kemudian dilanjutkan dengan demonstrasi singkat disertai dengan video pendamping. Diharapkan selain materi disampaikan secara lisan, dengan perantara video dan demonstrasi penatalaksanaan menstruasi dan PSN, siswa/siswi dapat lebih memahami dan siap jika sudah masuk ke dalam masa puber bagi siswa perempuan, dan bagi siswa laki-laki dapat mendapatkan ilmu yang dapat dibagikan kepada temannya yang perempuan. Siswa/siswi menyambut dengan antusias dan aktif bertanya. Siswa-siswi mengatakan senang mendapatkan  ilmu dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kemudian kegiatan manajerial Pembina UKS disampaikan oleh mahasiswa atas nama Fiqih Ardi Pradana, S.Kep & Nurul Yuniarsih, S.Kep, selain itu didampingi oleh pembimbing dari Puskesmas Klampis ngasem yaitu Ibu Vesty, Amd.Kep. Sasaran dari kegiatan manajerial UKS yaitu kepala sekolah dan guru-guru yang diberi tanggung jawab mengurus UKS. Materi yang disampaikan yaitu antara lain pembuatan Surat Keputusan (SK) UKS sebagai dasar pelaksanaan UKS di sekolah tersebut, pengorganisasian UKS, kesiapan ruang UKS dan materi TRIAS UKS. Audiens menyambut dengan baik dan mengatakan sangat berterimakasih dengan sistem SGD dapat mereview lagi materi UKS dan manajerial UKS bisa lebih ditingkatkan menuju UKS yang lebih baik dan maju. Diharapkan kedepannya mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga praktik keperawatan komunitas, dapat mengaplikasikan TRIAS UKS yang sudah disampaikan sehingga pihak guru lebih memahami lagi makna UKS yang sesungguhnya.

Pin It
Hits 199

Terpopuler