Visitasi Akreditasi Internasional ASIIN di Fakultas Keperawatan

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 21 Februari 2020

NERS NEWS - Sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan keperawatan di Universitas Airlangga (Unair), Fakultas Keperawatan telah mendaftarkan dua Prodi untuk mengikuti Akreditasi Internasional ASIIN Germany. Kedua Prodi tersebut adalah Prodi Keperawatan (terdiri dari Program Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners) serta Prodi Magister Keperawatan. Sebelumnya Prodi Keperawatan (S1 dan Pendidikan Profesi Ners) telah terkreditasi A oleh LAM-PTKes di tahun 2015 dan tersertifikasi ASEAN University Network (AUN-QA) di tahun 2018, sedangkan Prodi Magister Keperawatan telah terakreditasi A oleh LAM-PTKes pada tahun 2018.

Pada tanggal 18—19 Februari 2020, kedua Prodi telah menjalani serangkaian proses visitasi Akreditasi Internasional ASIIN. Untuk Akreditasi ASIIN ini, Prodi Keperawatan serta Prodi Magister Keperawatan bersama dengan Prodi S1 Kebidanan Unair berada dalam Cluster C Akreditasi ASIIN Unair Batch 3. Berbeda dari Akreditasi ASIIN Batch sebelumnya oleh beberapa Prodi di Unair yang menggunakan kriteria standar SSC 10 - Life Sciences, kali ini akreditasi ASIIN menggunakan World Federation for Medical Education (WFME) Global Standards 2015.

Tim asesor yang datang untuk akreditasi internasional ASIIN Batch 3 Cluster C adalah:

  1. Dr. Iring Wasser, ASIIN Office

  2. Prof. Dr. Yati Afiyanti, S.Kp., M.N dari Universitas Indonesia, Jakarta

  3. Prof. Dr. Steve Strupeit, University of Education Schwäbisch Gmünd

  4. Yvonne Bovermann M.Sc., German Midwifery Association

  5. Dhiya Khalilah Taufan, Universitas Hasanuddin, student

Kegiatan visitasi dimulai dengan pembukaan oleh Rektor Unair, dilanjutkan dengan wawancara dengan pimpinan Fakultas dan seluruh program coordinator. Pada wawancara tersebut, asesor ASIIN menanyakan tentang proses pembelajaran di Prodi Keperawatan dan Magister Keperawatan, mulai dari pembentukan kurikulum sampai dengan implementasinya, serta berbagai fasilitas dan layanan yang dapat diakses oleh mahasiswa untuk membantu mereka belajar dengan lebih baik. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan dokumen serta wawancara dengan mahasiswa, alumni, maupun stakeholder. Alumni yang telah bekerja di dalam maupun luar negeri, serta stakeholder seperti dinas kesehatan, berbagai rumah sakit jejaring, pengguna lulusan, serta dinas sosial ikut terlibat aktif dalam wawancara yang dilakukan.

Wawancara dengan dosen dan Penanggung Jawab Mata Kuliah (PJMK) dilakukan di hari berikutnya yang dilanjutkan dengan site visit ke RS Unair, RS Tropik Infeksi Unair, dan Fakultas Keperawatan. Setelah melaksanakan site visit dan melakukan diskusi, tim asesor menyampaikan praktik baik yang telah dilakukan oleh masing-masing prodi dan saran improvement yang dapat dilakukan di masa depan. Kegiatan visitasi ditutup oleh bapak Rektor Unair Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., M.T., Ak., CMA. Bapak rector berharap hasil terbaik akan didapatkan oleh Prodi yang telah divisitasi oleh akreditasi internasional ASIIN.

Pin It
Hits 625

Terpopuler